PenaKesehatan
Trending

Indonesia Waspadai Lonjakan COVID-19 Global

PenaKu.ID – Pemerintah Indonesia tengah mewaspadai lonjakan virus corona (COVID-19) yang terjadi secara global saat ini. Pun dengan wilayah Asia. Diperlukan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi virus corona dengan salah satunya disiplin prokes secara masif dan ketat.

Selain itu juga proses vaksinasi harus berjalan dengan lancar dan sukses untuk menekan laju kasus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan adanya kenaikan kasus Covid-19 secara global dalam kurun waktu satu minggu sejak 25 April hingga 2 Mei 2021 jika dibandingkan dengan jumlah kasus pada enam bulan pertama pandemi. Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia di dalamnya, mengalami lonjakan kasus baru tertinggi hingga 19 persen.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyampaikan hal itu dalam keterangan pers kedatangan vaksin tahap 12, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu, 8 Mei 2021.

“Dari laporan mingguan WHO minggu lalu sampai 2 Mei disebutkan bahwa jumlah kasus global dalam dua minggu melebihi kasus selama enam bulan pertama pandemi. Jumlah yang sangat tinggi, dengan lebih dari 5,7 juta kasus per minggu,” ujar Menteri Luar Negeri dilansir Siberindo.co jejaring PenaKu.ID

Baca juga:

Kenaikan kasus baru di kawasan Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru dunia. Berkaitan dengan hal ini, Retno mengingatkan bahwa penyebaran virus korona masih terjadi dan masyarakat perlu mewaspadai hal tersebut.

“Kenaikan kasus baru Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru dunia selama kurun waktu tersebut. Kenaikan cukup tinggi terutama terjadi di India. Kondisi ini penting jadi pengingat kita semua bahwa penyebaran virus masih terjadi,” tambahnya.

Retno Marsudi menyampaikan bahwa dukungan setiap lapisan masyarakat diperlukan untuk melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19.  Dukungan masyarakat dapat dilakukan dengan menyukseskan program vaksinasi pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Setiap dari kita dapat menjadi bagian dari ikhtiar untuk mencegah peningkatan penyebaran pandemi Covid-19. Caranya kita sukseskan ikhtiar vaksinasi yang dilakukan pemerintah dan tidak kalah pentingnya yaitu mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya, seperti dilansir dalam presidenri.go.id.

Sebelum menutup keterangan persnya, Menteri Luar Negeri mengucapkan selamat hari raya Idulfitri bagi yang merayakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan selamat melanjutkan ibadah puasa Ramadan yang tinggal beberapa hari ini. Marilah kita sambut hari kemenangan dengan terus menaati protokol kesehatan,” ujar Menteri.

**Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button