Gerakan Sangu Sabandung Tlah Disrtibusikan 300 Ribu Paket Beras

Dapur umum sangu sabandung

PenaKu.ID – Sejak diluncurkan Mei lalu, gerakan Sangu (Sabandung) Gerakan Budaya telah mendistribusikan sekitar 300.000 paket beras. Ini mewakili semangat dukungan yang sangat kuat dari masyarakat Kota Bandung.

“Informasi dari Departemen Pemerintahan Umum telah mengungkapkan bahwa lebih dari 300.000 bungkus makanan telah disumbangkan ke program Tanah,” kata Walikota Bandung, Oded M. Danial di tengah meninjau RW 02 Desa Heath, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung , Jumat (6/6/2020).

“Saya menemukan masyarakat swasembada. Itu artinya reksa dana ini bergerak di Kota Bandung. Termasuk di RW 02 ini,” tambahnya.

Mang Oded, sapaan akrabnya, juga menunjukkan bahwa orang-orang Bandung cerdas dan pandai. Warga Kota Bandung telah mampu mengambil hikmah dari munculnya pandemi Covid-19.

“Di satu sisi bencana Covid-19 ini, banyak saudara kita bahkan sudah meninggal dunia. Tapi di sisi lain, alhamdulillah ada paradigma baru di masyarakat Kota Bandung untuk bekerja sama,” katanya.

Mang Oded, selama review dengan ketua PKK Bandung Dewan Kota Bandung, Siti Muntamah, berharap bahwa semangat saling mendukung sudah ada di masyarakat bukan hanya karena Covid-19, tetapi itu akan terus berlanjut bahkan setelah Covid-19 ditarik oleh Allah SWT.

Mang Oded juga mengapresiasi keberadaan lumbung di RW 02 untuk membantu Covid-19 warga yang terpapar. Dia berharap bahwa keberadaan lumbung tidak hanya berarti pandemi Covid-19, tetapi juga semakin dirusak.

“Jika Pak RW dan penduduk desa di sini melakukannya, itu berarti mereka telah cukup pintar dan pintar untuk mengambil kebijaksanaan dari pandemi ini,” tambahnya.

Selain meninjau dapur umum Sabandung, Mang Oded juga menawarkan bantuan kepada Maesaroh, salah satu warga yang rumahnya terkena dampak longsor TPU Cikutra beberapa waktu lalu.

“Ibu Maesaroh mendapat bantuan Baznas sebesar Rp 15 juta untuk mengontrak rumah. Saya mendapat informasi dari Pak RW bahwa rumahnya ada di tepi sungai,” ujar Oded.

“Setelah melobi dengan Pak RW, dia siap menyewa rumah dan meminta bantuan mengganti kontraknya. Mudah-mudahan ketika nanti pindah dari bank lebih aman,” tutupnya.



(Dp/hm)

3 thoughts on “Gerakan Sangu Sabandung Tlah Disrtibusikan 300 Ribu Paket Beras

Leave a Reply

Your email address will not be published.