Disdik Kota Ternate Belum Izinkan Sekolah Tatap Muka

Kepala dinas pendidikan kota ternate, ibrahim muhammad

PenaKu.ID – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) untuk membuka proses belajar mengajar tatap muka, belum bisa direalisasikan.

Pasalnya, hingga saat ini, Disdik belum menerima rekomendasi dari Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadispend) Kota Ternate. Ibrahim Muhammad, Selasa (18/8/2020) mengatakan, untuk sekolah-sekolah yang telah membuka proses belajar mengajar tatap muka, Dispend Kota Ternate menginstruksikan agar segera ditutup.

Menurutnya, terkait pembelajaran tatap muka di tengah pandemi covid-19, hingga saat ini belum ada ijin yang dikeluarkan.

Meski demikian, Ibrahim memastikan, pihaknya intens melakulan rapat koordinasi.

“Oleh karena itu, diharapkan agar sekolah jangan dulu membuka sistem belajar tatap muka, sebelum ada instruksi dari Dispend Kota Ternate,” tegasnya.

Dia menuturkan, berdasarkan informasi dihimpun, ada orangtua siswa yang mengeluh, karena guru telalu banyak memberikan tugas bagi siswa/siswi.

Dispend Kota Ternate, juga akan membuat sosialisasi pembelajaran kepada guru, mengenai penyederhanaan, guru jangan terlalu membebani siswa dengan tugas-tugas yang berlerbihan.

“Kalaupun pemberian tugas sanggat banyak maka mengakibatkan orangtua harus terus mendampingi anaknya, itu juga akan berpengaruh pada penggunaan kuota internet, itu menjadi keluhan orang tua,” katanyanya.

“Besok kami akan melakukan evaluasi terhadap guru-guru di sekolah, agar guru jangan telalu membebani siswa dengan tugas-tugas, sebab ini juga keluhan dari orang tua siswa,” sambung Ibrahim.

Selain soal tugas, lanjut dia, kendala lain yang dihadapi orang tua adalah ketersediaan sarana daring (handphone) dan kuota internet, “oleh karena itu, hari ini saya mengutus Kepala Bidang (Kabid)  bertemu dengan Telkom Ternate supaya ada kerjasama,” pungkasnya. 



(Gibran)

Leave a Reply

Your email address will not be published.