PenaKu.ID

Dilanda Badai, Sejumlah Pohon di Ternate Tumbang

PenaKu.ID – Sebuah pohon pelindung jenis Akasia di jalan raya AM Kamarudin Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate tumbang setelah hujan yang disertai angin kencang melanda wilayah Kota Ternate, Senin (30/11/2020) siang sekira pukul, 12:30 WIT.

Akibatnya, arus lalu lintas di kawasan tersebut, macet total, sebab posisi pohon melintang tepat di tengah jalan raya.

Meski tidak ada korban dalam peristiwa ini, namun trotoar di sisi jalan raya mengalami rusak parah, sementara aliran listrik, telepon hingga jaringan tv kabel di sekitar kawasan itu, tidak berfungsi sebab kabel jaringan putus tertimpa pohon yang tumbang.

Amatan di lapangan menyebutkan, arus lalu lintas di jalan raya A M Kamarudin terpaksa harus ditutup karena tidak dapat dilalui kendaraan. 

Aibatknya, kendaraan yang berbalik arah menumpuk sehingga arus lalu lintas di jalan Daniel Bohang Salero mengalami kemacetan panjang.

Selain di jalan Daniel Bohang, arus lalu lintas di Kasturian belakang juga mengalami kemacetan parah. Kemacetan di jalan belakang Kasturian bahkan sampai di lingkungan Kelurahan Soa.

Sementara itu, di Kelurahan Makassar Barat, sebuah pohon pelindung juga roboh setelah dihantam hujan lebat yang disertai angin kencang.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun jaringan telepon, listrik dan tv kabel di kawasan tersebut, mengalami gangguan karena jaringan kabel tertimpa pohon.

Dalam sepekan terakhir, wilayah Maluku Utara kerap dilanda hujan dengan intensitas ringan, sedamg hingga lebat. Selain hujan lebat, cuaca ekstrim juga disertai angin kencang dan gelombang laut yang cukup tinggi.

Hingga berita ini dipublish, petugas Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup sedang membersihkan batang pohon besar tersebut agar arus lalu lintas dapat kembali normal.

(Gibran)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button