PenaRagam
Trending

Bak Kucing-kucingan, PKL Mendadak Hilang saat Aparat Sidak

PenaKu.ID – Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa berjualan di bahu Jalan dekat pembangunan Pasar Tagog Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jawa Barat mendadak menghilang saat hendak ditertibkan petugas.

Hal tersebut disebabkan karena diduga bocornya informasi rencana penertiban PKL yang akan dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) KBB kepada sejumlah pedagang.

Pantauan di lokasi, sejumlah pedagang yang biasa di bahu jalan dekat lokasi pembangunan Pasar modern Tagog Padalarang tak satu pun yang nampak. Bahkan sejumlah gerobak atau meja yang biasa dipakai berjualan pun tak ada.

“Karena para pedagang sudah tahu kalau hari ini mau penertiban, makanya terjadi kekosongan di sini hari ini,” kata Kelapa Ketertiban umum dan ketentraman Masyarakat Satpol-PP KBB Ponimanan kepada PenaKu.ID di Padalarang, Kamis (10/6/2021).

Ia mengatakan bahwa sekitar 64 PKL yang biasa berjualan di bahu Jalan Raya Padalarang. Meski gagal di razia dalam penertiban, Poniman menilai, mereka telah sadar melanggar bukan karena bocornya rencana penertiban.

“Harapan kami mudah-mudahan masyarakat cepat sadar bahwa bahu jalan itu bukan untuk tempat diperuntukan untuk dagang,” ujar Poniman.

Sebagai bentuk antisipasi PKL berjualan kembali pada bahu jalan tersebut, pihaknya akan menempatkan sejumlah anggota Satpol-PP di lokasi selama beberapa hari.

“Kita akan stanby-kan anggota beberapa hari dan kendaraan di lokasi ini, dan nanti kita akan pasang spanduk juga. Himbauan akan kita buat supaya mereka paham,” terang Poniman.

Poniman pun menambahkan, kesepakatan penertiban kepada sejumlah PKL yang sering berjualan di bahu jalan itu merupakan hasil dari rapat yang dilaksanakan pada Rabu, (9/6/2021) kemarin.

“Karena kemarin kita sudah rapat dengan SKPD, para pedagang kita undang. Tapi kita harus menggunakan cara humanis saat penertiban bukan melihat bocor atau tidaknya, karena ini posisi sulit bagi kami,” pungkasnya.

(CDR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button