by

Adbang Ternate Gelar Rakor dan Monev Dana Hibah

Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Bagian Administrasi Pembangunan (Adbang) Setda Kota Ternate, melaksanakan Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah di lingkungan Pemkot Ternate.

Kegiatan yang dipusatkan di aula kantor Wali Kota Ternate itu, dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Ternate.

Kepala Bagian (Kabag) Adbang, Subhan Hayatuddin mengatakan, Rakor Monev dan Evaluasi Dana Hibah di lingkup Pemkot Ternate ini, untuk membicarakan sejauh mana penyaluran dana hibah yang dialokasikan pemerintah.

Kata dia, evaluasi dana hibah ini, melibatkan sejumlah OPD pengelola dana hibah, diantaranya, DPPKAD, Diknas, Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Bagian Kesra Setda Kota Ternate. 

“Jadi kita akan evaluasi dan melakukan monitoring secara langsung ke lapangan, sejauh mana penggunaan dana hibah dan pengadaan barang yang dialokasikan pemerintah untuk lembaga, terutama untuk masyarakat,” kata Subhan.

Selain mengevaluasi dan memonitoring penyaluran dana hibah, Rakor ini juga memgevaluasi bantuan dana hibah dan bantuan dalam bentuk barang.

“Terkait dengan bantuan barang yang diperuntukan bagi masyarakat, misalnya peralatan bengkel, bantuan peralatan untuk UKM, ini juga dievaluasi, apakah sudah didistribusikan ke masyarakat atau belum, ini juga dievaluasi,” katanya.

Subhan menambahkan, berdasarkan data pada DPPKAD, Pemkot Ternate tahun ini, menganggarkan dana hibah sebesar Rp, 109 miliar lebih, dengan rincian, belanja hibah, sebesar Rp, 56,9 miliar dan belanja tidak terduga sebesar Rp, 40 miliar lebih.

“Berdasarkan data dari DPPKAD selaku pengelola anggaran hibah, anggaran dana hibah yang sudah terealisasi sebesar, Rp, 83,8 miliar dan yang belum terealiasi seniai, Rp, 25,5 miliar,” tutup Subhan.

(Gibran)

Comment

News Feed