PenaPemerintahan
Trending

Lomba Budikdamber Tingkatkan Ketahanan Pangan Warga

PenaKu.IDLomba Budikdamber atau Budi Daya Ikan Lele dan Sayuran dalam Ember dan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Demikian diungkap Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil saat menghadiri acara Lomba Budikdamber.

Kegiatan yang melibatkan unsur PKK dari 27 kabupaten/kota di Jabar itu, kata Atalia, digelar untuk menggerakkan masyarakat agar tetap produktif demi mengisi ketahanan pangan di lingkungan terdekat.

“Saya merasa bangga, bagaimana Ibu PKK di Jabar mampu menggerakkan masyarakat. Maka kita semua mendorong sebuah gebrakan bagaimana masyarakat Jabar mau dan mampu mengisi ketahanan pangan di lingkungan masing-masing,” ucap Atalia di Gedung PKK, Kota Bandung, Senin (8/11/2021).

Atalia mengatakan, banyak pihak terlibat menyukseskan kegiatan tersebut. Mulai dari PKK, perangkat daerah, Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (KPED), sampai masyarakat. Selain lomba, ada juga webinar, pelatihan tebar 270 paket Budikdamber dan 13.500 bibit lele.

“Kita bekerja sama dengan dinas-dinas dan juga berbagai jejaring komunitas. Kami sudah lakukan berbagai upaya agar masyarakat bisa memperkuat ketahanan pangan dan memenuhi gizi yang baik,” katanya.

Lomba Budikdamber Budayakan Makan Ikan

Tujuan penting dari kegiatan tersebut, kata Atalia, adalah menyosialisasikan kembali kepada masyarakat agar gemar makan ikan. Para kader PKK pun dituntut untuk kreatif dan inovatif mengubah bahan baku ikan menjadi tema makanan yang menarik dan tetap enak disantap.

“Alhamdulillah apa yang kita gerakan kepada masyarakat untuk budaya makan dengan ikan. Membuat jenis-jenis makanan yang beragam dari satu makanan menjadi tematik,” ucapnya. (fgy/okk)

Berikut inilah pemenang lomba masak serba ikan:

Juara 1: Kota Ciamis
Juara 2: Kab. Cirebon
Juara 3: Kota Cimahi

Juara Harapan 1: Kota Bandung
Juara Harapan 2: Kab. Majalengka
Juara Harapan 3: Kota Cirebon

Juara Favorit: Kota Tasikmalaya

Pemenang lomba Budikdamber

Juara 1: Kab. Ciamis
Juara 2: Kab. Kuningan
Juara 3: Kota Cimahi

**

Related Articles

Back to top button