PenaKesehatan
Trending

Lina Marlina Ruzhan: Suami Harus Aware Kesehatan Istri

PenaKu.ID – Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Lina Marlina Ruzhan mengingatkan penting bagi para suami mendorong istrinya melakukan tes kanker rahim.

Terkadang istri kurang aware atau enggan melakukan tes IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat Test untuk mengetahui apakah ada potensi kanker pada organ reproduksinya.

“Para suami harus aware dengan kesehatan reproduksi istri, salah satunya dengan mendukungnya melakukan IVA TEST. IVA TEST merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. Tes IVA diketahui tidak sakit,” ujar Lina Marlina Ruzhan saat menghadiri Acara Rechecking Lima Lomba PKK di Kota Cimahi, Jumat (29/10/2021).

Pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi penting dimiliki oleh masyarakat perkotaan yang karakteristik warganya cenderung sibuk dan kadang melupakan kesehatan.

“Di daerah perkotaan jadi tantangan luar biasa bagi PKK,” Lina.

Lina Marlina Ruzhan Minta PKK Sosialisasi

Kader PKK, katanya, juga bertanggungjawab untuk sosialisasi dan edukasi kesehatan reproduksi perempuan.

Selain kesehatan reproduksi, Lina juga mengingatkan kader PKK juga perlu mengedukasi masyarakat mengenai PAAR atau Pola Asuh Anak dan Remaja terutama di masa pandemi COVID-19. Belajar daring dan pembatasan aktivitas telah menempatkan remaja pada posisi rentan seperti stres, kekerasan dalam rumah tangga, kecanduan gawai, hingga pernikahan dini.

“Anak-anak remaja akan menentukan bagaimana Cimahi 30 tahun yang akan datang,” ucapnya.

***

Related Articles

Back to top button