PenaPeristiwa
Trending

Satpam Galian C Tak Berizin Intimidasi Wartawan

Laporan atas perbuatan melecehkan profesi wartawan sudah dibuat di Polres Bogor oleh para wartawan dan wartawati terhadap satpam galian C tersebut

PenaKu.ID – Oknum satpam galian C yang diduga tidak berizin mengintimidasi wartawan yang berlokasi di Desa Bantarkuning, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat resmi dilaporkan ke Polres Bogor.

Diketahui sebelumnya pada tanggal 2 Oktober 2024, 2 wartawan dan 1 wartawati diintimidasi oleh oknum satpam galian C dan memprovokasi warga sekitar untuk membakar kendaraan roda empat berserta ketiganya.

Wartawati (SS) saat dihubungi melalui telepon WhatsApp, membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa kedatangan ketiganya adalah untuk konfirmasi terkait kegiatan galian C yang diduga ilegal.

SS menerangkan bahwa sebelumnya pihaknya telah mengkonfirmasi langsung terhadap ESDM Wilayah 1 Bogor Kota dan membenarkan galian C tersebut ilegal.

“Pertama kita mencari pengawas yang bernama Cece tapi gak ada di tempat. Lalu kami arah ke luar dan berhenti di pos satpam dan menanyakan ke security bernama Asep Saprudin,” Jelasnya (SS) Minggu (6/10/2024).

Setelah itu, SS dan kedua rekannya diminta untuk memperlihatkan KTA untuk difoto, tetapi mereka menolak untuk difoto oleh satpam galian C tersebut.

“Satpam itu marah dan memanggil warga sekitarnya, setelah sekitar 2 menit 30 warga datang sambil membawa senjata tajam berupa cangkul dan lainnya,” ucapnnya.

Lalu, satpam galian C yang bernama Asep Saprudin tersebut memaki-maki dan melecehkan profesi wartawan serta memberikan perintah kepada warga sekitar untuk membakar kendaraan berserta ketiganya.

“Kita dilecehkan sama sekuriti itu terus nyuruh warga untuk bakar mobil dan kita-kitanya juga mau dibakar,” ujarnya.

Setelah itu, ketiganya diperintahkan oleh salah satu warga sekitar untuk meninggalkan tempat galian tersebut.

“Kita pergi tuh. Setelah itu kita langsung ke arah Jonggol, dan langsung berkomunikasi dengan Humas Polres Bogor dan berkomunikasi dengan Kanit Reskrim Polsek Cariu,” jelasnya.

Satpam Galian C Dilaporkan ke Polisi

Lalu, lanjut SS, malam ketiganya langsung membuat pengaduan ke Polres Bogor, tetapi karena sudah tutup dan besoknya lagi kembali ke Polres Bogor untuk membuat pengaduan.

“Malamnya kita langsung ke Polres Bogor cuman udah tutup, terus besoknya kita balik lagi dan membuat pengaduan itu,” ujarnya.

Sementara itu, laporan atas perbuatan melecehkan profesi wartawan sudah dibuat di Polres Bogor oleh para wartawan dan wartawati terhadap satpam galian C tersebut.

***

Related Articles

Back to top button