125 Personil Satpol PP Kota Ternate, Backup TNI/Polri Gelar Operasi Yustisi

kasatpol pp kota ternate saat memimpin operasi yustisi

PenaKu.ID – Sedikitnya 125 personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Ternate disiagakan untuk membackup TNI/Polri dalam pelaksanaan operasi yustisi di wilayah hukum Kota Ternate.

Operasi ini, menyasar masyarakat yang beraktifitas di luar rumah dan tidak mengunakan masker serta tidak dapat menunjukan indentitas diri (KTP).

Kasat Satpol PP Kota Ternate, Fhandy Mahmud mengatakan, untuk menunjang pelaksanaan operasi yustisi di Kota Ternate, personil Satpol PP yang disiagakan sebanyak 125.

Kata dia, operasi yang mulai digelar Senin (14/9/2020) kemarin itu, terfokus pada penerapan sanksi Perwali Nomor 20 tahun 2020 tentang protokol kesehatan, “kita kedepankan model penindakan secara persuasif, jika ada masyarakat yang memiliki masker tapi tidak mengenakan, maka kita kenakan, tapi jika tidak memiliki masker, akan kita tindak sesuai Perda,” ucap Fhandy

Menurutnya, ada dua jenis sanksi yang diterapkan dalam operasi ini, yakni sanksi sosial dan sanksi administrasi, “kita kedepankan sanksi sosial, misalnya push-up, bersihkan sampah, dan lain sebaginya, tetapi ada juga sanksi denda dengan besaran bervariasi dari Rp, 50 ribu hingga Rp, 250 ribu,” terangnya.

Dalam operasi ini, lanjut Fhandy, pihaknya menerjunkan sedikitnya 125 personil yang tersebar pada 12 titik operasi, termasuk mobile (patroli-red), “kita siagakan 125 personil yang tersebar pada 12 titik operasi, termasuk personil yang melakukan operasi secara mobile atau patroli gabungan,” tukasnya.

Dia berharap, masyarakat Kota Ternate tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Ternate.

Fhandy memastikan, operasi ini akan terus dilakukan sebagai upaya meningkatkan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sebagai langkah memutus mata rantai pemyebaran covid-19 di wilayah Kota Ternate.

(Gibran)

Leave a Reply

Your email address will not be published.