PenaSosial
Trending

Warga Kampung Pasirangin Bersihkan Sampah di Sungai

PenaKu.ID – Puluhan warga Kampung Pasirangin RW 13 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur Jawa Barat gotong-royong membersihkan sampah, gulma dan pasir menggunung yang menyangkut di bawah tiang jembatan Kali Ciranjang, Sabtu (16/10/21).

Gotong-royong yang dilakukan warga Kampung Pasirangin tersebut sebagai upaya antisipasi terjadinya luapan air sungai jika hujan datang yang kerap menyebabkan banjir.

Ketua RW 13 Kampung Pasirangin, Aceng Alawi (48), mengatakan di wilayahnya tiap musim hujan tiba selalu disibukan dengan banjir bandang luapan dari Sungai Ciranjang. Untuk itu pihaknya mengambil inisiatif.

Menurut Aceng tiang di tengah jembatan dua penghubung kampung tersebut sering menjadi pemicu banjir. Terlebih jika tumpukan sampah menyangkut di bawah jembatan.

“Bersihkan sampah, gulma dan pasir yang menumpuk di bawah jembatan, itu untuk mengantisipasi terjadinya banjir aliran air Kali Ciranjang supaya tidak tersumbat,” ucapnya.

Salah seorang pemerhati pembangunan Kabupaten Cianjur, Erwin (50) menambahkan, pihaknya mengapresiasi gotong-royong warga Kampung Pasirangin yang peduli dengan lingkungannya.

“Itu sebenarnya kewengan BBWS Citarum Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pengairan Kabupaten Cianjur. Karena biaya untuk pengerukan aliran sungai, kali dan Irigasi itu sudah dianggarkan pihak pemerintah,” singkat Erwin.

***

Related Articles

One Comment

  1. Excellent post. I was checking constantly this weblog and I’m impressed!
    Extremely helpful info particularly the remaining part 🙂 I dal with such information a lot.
    I used to be seeking this particular info for a very long time.
    Thank you and good luck.

    my homepage Makeup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button