PenaRagam
Trending

WA Eror, Begini Ragam Keluhan Warga Kota Bandung

PenaKu.IDWA eror atau aplikasi pesan singkat whatsapp mengalami down sejak Senin malam (04/10/21) sekira pukul 10.00 WIB.

Tak hanya WA eror, sejumlah flatform besutan Mark Zuckerberg yang lainnya pun mendapati kendala yang sama, yakni facebook dan instagram. Kedua aplikasi down.

Aplikasi WA eror ini juga diketahui terjadi di seluruh dunia, dan tak sedikit keluhan tersebut membanjiri kolom twitter dan menjadi trending topik.

Hal ini juga sama dikeluhkan warga Kota Bandung pada umumnya atas kendala yang dialami aplikasi whatsapp tersebut.

Salah seorang warga Antapani Kota Bandung Candra Haditio mengungkapkan kekesalannya atas kejadian whatsapp yang mengalami down, dari Senin malam hingga Selasa subuh belum juga kembali normal.

“Ada apa ni whatsapp ga bisa diakses begini, mungkingkah ini pertanda sesuatu. Saya sejujurnya sangat mengandalakan aplikasi pesan ini karena memang penting untuk berkomunikasi. Dan rata-rata masyarakat juga menggunakan aplikasi pesan ini,” ungkap Candra kepada PenaKu.ID, Selasa dini hari (05/10/21).

Lantas, kata Candra, apa yang bisa dilakukan setelah kita semua sudah kecanduan dengan aplikasi pesan ini. Hari ini hampir semua sudah serba internet. Mana mungkin, lanjutnya, pesan singkat SMS dan panggilan telepon seluler biasa akan se-efektif whatsapp.

“Ya ga bisa disamakan fungsi whatsapp dengan SMS dan telepon panggilan biasa. Jelas itu beda banget,” tuturnya.

Candra menyebut, down yang dialami aplikasi milik Mark Zuckerberg ini baru diraskannya kali ini yang terbilang cukup lama. Hingga berjam-jam belum pulih. Kalau pun mengalami eror yang sama, biasanya tak seperti sekarang ini.

“Makanya itu saya bertanya-tanya nih ada apa gerangan ini,” ucapnya.

Selain mencari opsi yang lain yang bisa dilakukan untuk tetap bisa berkomunikasi, Candra berharap agar aplikasi whatasapp tersebut kembali normal dan warga di seluruh dunia bisa kembali memanfaakannya.

Terpisah, warga Gunungbatu Kota Bandung Rima Novianti juga mengomentari hal serupa.

Rima menyayangkan aplikasi pesan singkat whatsapp yang berjam-jam mengalami kendala.

Kendati demikian, Rima memberikan solusi bagi masyarakat untuk beralih sementara menggunakan aplikasi pesan singkat lainnya yang nyaris sama fungsinya dengan aplikasi whatsapp.

“Kita bisa gunakan aplikasi telegram. Tinggal unduh di playstore handphone masing-masing lalu coba gunakan. Maaf loh ini bukan promisi tapi memberikan solusi bagi semua yang belum tau,” kata dia.

WA Eror Kembali Pulih

Melansir nytimes, seorang juru bicara facebook mengkonfirmasi bahwa layanan tersebut perlahan-lahan kemabali online, tetapi berhati-hati bahwa layanan tersebut membutuhkan waktu untuk stabil.

Facebook, instagram, whatsapp dan aplikasi lainnya yang dimiliki oleh jaringan sosial turun pada hari Senin sekitar pukul 11.40 pagi waktu timur.

Pegawai facebook juga terputus dari email, alat komunikasi internal, dan akses fisik untuk membangun situs karena pemadaman. Perusahaan tisak menungkap penyebab pemadaman.

Pakar keamanan mengatakan masalah yang kemungkinan besar dibendung daripada kesalahan konfigurasi komputer server facebook, yang tidak membiarkan orang terhubung ke situsnya seperti instagram dan whatsapps.

Saat berita ini disiarkan, perlahan ketiga aplikasi tersebut kini sudah berangsur membaik dan pulih.

***

Related Articles

One Comment

  1. Excellent website. Lots of helpful info here.
    I’m sending it to a few friends ans additionally sharing in delicious.
    And obviously, thank you on your sweat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button