PenaRagam
Trending

SIDAKEPTRI Permudah Pencari Kerja Warga Kota Cimahi

PenaKu.IDSIDAKEPTRI atau Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan Dan Pelatihan Terintegrasi besutan Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi merupakan sebuah apliakasi yang memudahkan bagi warga Kota Cimahi dalam mencari lowongan pekerjaan.

SIDAKEPTRI juga merupakan sebagai penyempurnaan dari situs Sistem Link and Match (SILIMA) yang disosialisasikan Pemerintah Kota Cimahi di Technopark, Selasa kemarin.

Sosilisasi SIDAKEPTRI dihadiri sekitar 100 orang para pencari kerja dari Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.

SIDAKEPTRI diluncurkan berkat sebuah inovasi guna menurunkan tingkat pengangguran dan memulihkan roda perekonomian negara.

Aplikasi SIDAKEPTRI memuat database perusahaan yang membuka lowongan kerja, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LPK), Bursa Kerja Khusus (BKK), dan informasi lainnya terkait ketenagakerjaan.

Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi transformasi SILIMA menjadi SIDAKEPTRI ini mengungkapkan bahwa di era globalisasi saat ini masyarakat dituntut untuk meningkatan kualitas tenaga kerja di berbagai level agar mampu  berdaya saing.

“Masyarakat pencari kerja Kota Cimahi harus mampu bersaing dengan tenaga kerja luar yang sudah siap dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri yang sudah tersertifikasi,” kata Ngatiyana.

Ngatiyana mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan sertifikasi. Salah satu misi Kota Cimahi, sambung Ngatiyana, yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja.

“Untuk penanganan permasalahan kesempatan kerja ini saya melalui dinas tenaga kerja telah melakukan kegiatan-kegiatan khusus, d iantaranya pendataan angkatan kerja, pelatihan-pelatihan, peningkatan produktivitas, pemagangan dan penyaluran tenaga kerja,” ujar dia.

Namun demikian Ngatiyana pun tidak menampik bahwa masih ada permasalahan dalam perluasan kesempatan kerja di Kota Cimahi.

“Adanya permasalahan dalam perluasan kesempatan kerja di Kota Cimahi disebabkan fokus perkembangan pertumbuhan ekonomi hanya pada peningkatan angka pertumbuhan ekonomi, akan tetapi lupa bahwa seharusnya pertumbuhan ekonomi harus mampu menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat,” tukasnya.

SIDAKEPTRI sebuah Solusi

Ia menyebutkan bahwa Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja (TPAK) Kota Cimahi yang besar belum bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. “Kemungkinan adanya ketidaksesuaian antara karakteristik angkatan kerja dengan karakteristik jenis pekerjaan yang ada,” ungkapnya.

“Permasalahan angkatan kerja ini sangat terkait dengan skill pencari kerja belum sesuai kebutuhan pasar kerja, terbatasnya lapangan kerja serta banyaknya perusahaan yang lock out serta kurangnya informasi pasar kerja,” lanjut Ngatiyana menjelaskan.

Oleh karenanya inovasi untuk memudahkan pencari kerja ini sangat urgent untuk dilakukan. Dengan mempertemukan ke 5 (lima) pilar ketenagakerjaan yaitu para pencari kerja dengan para perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, pemerintah, LPK, dan BKK diharapkan dapat mengatasi permasalahan ketenagakerjaan.

Ngatiyana menjelaskan bahwa aplikasi SIDAKEPTRI bukan hanya untuk pencari kerja, tetapi juga bermanfaat bagi pekerja yang terdampak pandemik COVID-19, di mana pada saat ini  banyak karyawan atau pegawai yang dirumahkan dan di-PHK. Melalui aplikasi ini juga LPK dapat memposting kegiatan lembaganya melalui situs SILIMA dan melaporkan alumni LPK yang bekerja, BKK juga dapat memposting kegiatan lembaganya melalui situs SILIMA dan melaporkan alumni BKK yang bekerja.

“Kami berharap para pencari kerja, perusahaan yang membutuhkan karyawan, lembaga pelatihan ketenagakerjaan, para alumni LPK dan bursa kerja khusus dapat secara online  memanfaatkan fasilitasi kami, melalui akses ke website silima.cimahikota.go.id agar selalu dapat update  informasi peluang kerja yang selalu up to date,” tandas Ngatiyana.

**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button