PenaRagam

Setiap Tanggal 14, ASN dan Karyawan BUMD Jabar Wajib Pakai Seragam Pramuka

PenaKu.ID –Pemerintah Propinsi (Pemrop) Jawa Barat (Jabar) mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), mulai Maret 2021 setiap tanggal 14 menggunakan seragam pramuka.

Dalam waktu dekat, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang wajib memakai seragam pramuka tersebut.

“Kita mengusulkan pada Pak Gubernur, agar setiap tanggal 14 seluruh ASN dan BUMD di Jabar memakai baju seragam. Sekarang Surat Keputusan itu sedang dalam tahap legalisasi,” ujar Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar, Deni Nurdyana pada saat penutupan acara kursus mahir pembina pramuka tingkat lanjutan (KML) angkatan ke-VI KBB, di Sekretariat Kwarcab KBB, Sabtu (20/2/2021).

Wajib memakai seragam pramuka setiap tanggal 14 ini, telah diberlakukan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Garut. Deni menyatakan, kebijakan dua daerah itu menjadi inspirasi bagi Kwarda Jabar untuk mengusulkan pada Gubernur Jabar.

Pada kesempatan tersebut, Deni juga menyampaikan jika anggota pramuka sekarang harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan momentum. Kebijakan gubernur tentang wajib pakai baju pramuka tersebut, hendaknya ditangkap sebagai peluang usaha untuk memajukan gerakan pramuka.

Menurutnya, dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka, dimungkinkan untuk melakukan usaha.

“Dalam AD/ART, sah-sah saja pramuka melakukan berbagai pengembangan usaha atau berbisnis,” ujarnya.

Peluang usaha tersebut, bisa dikembangkan secara maksimal oleh KBB. Karena KBB memiliki banyak potensi, salah satunya potensi di bidang pariwisata.

“Dan peluang itu, sudah ditangkap oleh pramuka KBB dengan membentuk Saka Pariwisata. Bagus itu,” jelasnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Junaedi menyatakan, kebanggaannya karena acara KML tersebut diturup langsung oleh Denny Rudiana beserta unsur pimpinan Kwarda Pramuka Jabar lainnya.

“Saya sangat berterima kasih, penutupan KML ini bisa dihadiri Ketua Harian dan jajaran pengurus harian Kwarda Jabar lainnya. Tentunya saya bangga sekali,” tandasnya.

(CepDar)

Related Articles

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button