PenaRagam
Trending

Segini Sampah di KBB Per Hari, Legoknangka Belum Jadi Solusi

PenaKu.ID – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat telah melebihi kapasitas penampungan.

Pasalnya, Pemkab Bandung Barat tengah mencari lahan untuk mengganti lahan TPAS Sarimukti. Lahan tersebut diharapkan dekat dengan TPAS Sarimukti sekarang.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar 22 miliar untuk pembelian lahan di sekitaran TPA Sarimukti pada tahun 2022.

“Karena yang kita kirim ke TPAS Legoknangka nanti hanya 75 ton sampah perhari. Sedangkan potensi sampah di KBB perhari lebih dari itu,” kata Hengky kepada PenaKu.ID di Ngamprah, Senin (7/6/2021).

Hengky menyebut bahwa potensi sampah KBB yang di angkut ke TPA Sarimukti mencapai 600 ton perhari. Sedangkan yang di kirim ke TPAS Legoknangka itu hanya 75 ton perhari.

“Cuman yang menjadi masalah sisa sampahnya ini mau dikemanakan dan siapa yang akan menampung. Nah, kami menganggarkan di tahun 2022 itu 22 miliar untuk pembelian lahan di sekitar TPA Sarimukti,” sebut Hengky.

Hengky pun menyampaikan bahwa Pemprov Jabar berencana menutup TPAS Sarimukti pada tahun 2022. Oleh karena itu, rencana pembelian lahan untuk menampung sisa sampah dari TPAS Legoknangka itu harus terealisasi.

“Rencana Provinsi akan menutup TPAS Sarimukti pada tahun 2023, tapi bagaimana dengan pengelolaan sisa sampah di kita sendiri. Nah itu akan tetap kita kelola,” pungkasnya.

(CDR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button