oleh

Puslitbang Polri Bakal Lakukan Penelitian Kepercayaan Publik Terhadap Polda Jabar

Kapolda jabar ( kanan ) saat terima kedatangan tim dari puslitbang polri ( kiri ), senin 21/01

PenaKu.ID – Senin (20/1/2020) bertempat di Mapolda Jabar, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi didampingi Wakapolda Jabar dan Pejabat Utama Polda Jabar, menerima Tim Puslitbang Polri yang akan melaksanakan penelitian tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri di wilayah hukum Polda Jawa Barat dan jajaran.

Kegiatan penelitian ini dipimpin oleh Kombes Pol. Sudrajat Hariwibiwo, S.I.K. M.S.I. selaku Ketua Tim Peneliti, didampingi anggota AKBP Rahmat Syukri dan Penata Muda Tk. I Triyanti, S.E. serta Dr. Vita Mayastinasari S.E.,M.S.I. selaku Konsultan dari STIK PTIK

Tujuan penelitian dimaksud adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap 5 ( lima ) fungsi layanan kepolisian yaitu : fungsi Lalu lintas, Reserse, Intel , Binmas dan Sabhara.

Dalam penelitian tersebut masih menggunakan 5 (lima) indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu Bukti langsung (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (asurance) dan Kesesuaian (conformance), dan ditambah satu indikator yaitu indikator reward terkait dengan kesejahteraan anggota berupa kenaikan gaji dan peningkatan Sarana juga prasarana.

Adapun sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polda Jawa Barat dan jajaran dengan sampel penelitian masyarakat di Wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, Polres Subang, Polres Karawang, Polres Bandung dan Polres Cirebon.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pada umumnya. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan Kapolres atau yang mewakili, para kabag dan kasat.

( hms/tds )

Baca juga;  Kapolda Jabar Tinjau Bandara Internasional Kertajati Kab. Majalengka

Komentar

News Feed