PenaPeristiwa
Trending

Petugas Berjibaku Selamatkan Kucing di Kolong Mobil

PenaKu.ID – Tim Relawan Samarinda Animal Rescue (SAR) dan rescue Damkar berusaha menyelamatkan seekor kucing yang terjepit di kolong mobil milik warga di Kecamatan Sungaipinang Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Dikatakan petugas, permintaan warga kini sangat beragam, mulai dari menangani ular, kera hingga buaya yang masuk permukiman warga. Bahkan, operasi operasi tangkap tangan (OTT) Tawon sedang digalakan.

Kali ini, Samarinda Animal Rescue (SAR) bersama satria biru, sebutan petugas pemadam kebakaran, mengevakuasi kucing yang terjebak di mobil.

Ketua SAR, Suparlin mengatakan, memang ada berbagai permintaan saat ini dari masyarakat. Evakuasi kucing ini dilakukan tim setelah menerima laporan dari masyarakat.

Baca juga:

“Kami menerima laporan pengaduan dari masyarakat di Jalan Gununglingai, Kelurahan Gununglingai, Kecamatan Sungaipinang tepatnya tak jauh dari kantor kelurahan jika ada kucing yang terjebak di mobil,” kata Suparlin, Kamis (6/5) dikutip siberindo jejaring PenaKu.ID, Jumat (14/5/21).

Seusai menerima laporan, anggota SAR bersama Damkar langsung menuju ke lokasi. Tiba di sana, tim langsung mengevakuasi seokor kucing yang terjebak di bagian as roda kanan mobil tersebut.

Proses evakuasi berjalan dramatis. Petugas harus ekstra hati-hati lantaran kucing itu terjepit di antara as dan ban mobil. Salah dalam penanganan bukan tidak mungkin kucing bisa mati sebelum bisa dievakuasi.

Melepas roda ban dan kampas rem menjadi alternatif agar kucing bisa dikeluarkan dengan aman dan selamat. Selang 1 jam berjibaku dan mencari celah agar kucing bisa di tarik keluar akhirnya membuahkan hasil.

“Kucingnya terjepit. Jadi kami harus melepas bagian onderdil mobil di bagian depan kanan dan alhamdulillah upaya ini berhasil,” ucap Suparlin.

Sementara, Ichwan Wahyudian, anggota Rescue Damkar menambahkan, permintaan mengevakuasi kucing cukup unik. Pihaknya mengaku beberapa kali menerima permintaan mengevakuasi kucing seperti kucing terjebak di plapon hingga atap rumah bahkan ada pula yang terjebak di dalam pipa pembuangan air.

Selain mengevakusi kucing, keahlian lain adalah menangkap ular juga beberapa kali dilakukan petugas pemadam kebakaran. Beberapa kasus ular ini di antaranya menangkap ular yang masuk dalam rumah.

“Kami juga menangkap kera dan buaya. Beberapa warga minta tolong ke pemadam kebakaran,” katanya.

Menurut Ichwan, hal ini berarti masyarakat semakin percaya terhadap Damkar dan SAR. Mereka merasakan langsung keberadaan anggota di lapangan.

“Kami akan terus menerima panggilan dari warga yang meminta pertolongan untuk mengatasi persoalan di lingkungannya. Terutama hewan pengganggu dan jenis evakuasi hewan lainnya. Semoga bakti sosial kami diterima di masyarakat,” tutup Ichwan.

**Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button