Pertama di Maluku Utara, Unkhair Cetuskan Wisuda Online

Wakil rektor I Unkhair ternate suratman sujud

PenaKu.ID – Civitas Akademika Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, menjadwalkan pelaksanaan wisuda secara online pada Kamis (6/8/2020) besok, melalui aplikasi Zoom.

Wakil Rektor (Warek) I Unkhair Ternate, Suratman Sudjud, mengatakan, pelaksanaan wisuda daring (online) di Unkhair Ternate dilaksanakan melalui aplikasi Zoom.

Menurutnya, untuk kelancaran prosesi wisuda, pihak kampus melalui panitia telah melakukan berbagai persiapan termasuk gladi resik di aula Rektorat Unkahir Kampus II Kelurahan Gambesi.

“Dengan adanya wisuda daring ini, maka kami membutuhkan kesiapan para peserta wisuda. Minimal berada di wilayah yang akses internet bisa terupdate, selain internet peserta harus memastikan hendphone dan bateray betul-betul terisi penuh, sehingga dalam mengikuti prosesi wisuda bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan,”  ungkap Suratman, Rabu (5/8/2020) di kampus.

Dia menuturkan, wisuda online tersebut dinilai salah satu konsep yang positif untuk didokumentasikan.

“Pelaksanaan wisuda bisa dipantau melalui Youtube, karena kami langsung melakukan live streaming sehingga itu bisa menjadi bukti bahwa mereka pernah melakukan wisuda daring online,” tukasnya.

Sejauh ini, lanjut Suratman, tercatat ada 267 mahasiswa yang telah terdaftar sebagai peserta wisuda online.

“Ini wisuda online pertama di Maluku Utara, sesuai catatan panitia, ada 267 peserta yang akan mengikuti prosesi wisuda secara online,” tutur Suratman seraya menyebut wisuda secara online di Unkhair merupkan yang pertama di Maluku Utara.

“Untuk wisuda besok, peserta tetap standby di rumah masing-masing dengan memakai atribut wisuda. Jadi prosesi pengukuhan pemindahan tali toga secara simbolis oleh Rektor, setelah itu, baru peserta bisa memindahkan toga mereka,” pungkasnya.



(Gibran)

Leave a Reply

Your email address will not be published.