PenaPolitik

Perempuan Harus Tampil Berpolitik Tuk Bangun Karawang

PenaKu.ID -Perempuan Karawang harus berani berpolitik untuk membangun daerahnya, karena banyak hal yang mesti diperjuangkan oleh kaum perempuan. Hal ini dikemukakan Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana dalam zoom meeting bersama sejumlah bupati perempuan dari berbagai daerah di Indonesia, Rabu, 3 Februari 2021.

Zoom meeting bertajuk “Diskusi Publik Dinamika Kepemimpinan Perempuan di Tingkat Lokal: Menilik Tantangan dan Peluangnya” yang digagas Cakra Wikara Indonesia ini mengulas tentang berbagai upaya yang dilakukan seorang perempuan dalam memimpin daerah sekaligus menjadi inspirator dan motivator  bagi masyarakat perempuan agar dapat berperan aktif dalam pembangunan daerah.

Dalam paparannya, Bupati  Cellica Nurrachadiana mengaku bangga dan bahagia dengan keterlibatan kaum perempuan di Karawang yang terus meningkat baik di kancah perpolitikan maupun kepemimpinan di instansi pemerintahan.

Bupati Cellica mencontohkan, pada Pemilihan Bupati Karawang tahun 2020 lalu, ada 3 perempuan yang tampil mencalonkan diri sebagai bupati atau wakil bupati. Demikian pula pada keanggotaan legislatif semula 20% tahun 2014 kini menjadi 28% terisi oleh kaum perempuan.
.
“Hal ini menunjukan energi positif kalau kaum perempuan sudah semakin berani tampil di kancah kepemimpinan maupun perpolitikan daerah. Karenanya energi positif ini harus terus ditularkan kepada kaum perempuan Karawang untuk terus bangkit membangun diri dan daerah,” ujar Bupati dr. Cellica Nurrachadiana yang akrab disapa Teh Celli ini.

Teh Celli juga menjelaskan, di jajaran instansi pemerintahan daerah, khususnya di Kabupaten Karawang ada beberapa organisasi perangkat daerah yang mesti di jabat oleh kaum perempuan. “Kami telah siapkan beberapa kepala dinas maupun sekertaris dinas dari kaum perempuan. Jadi tak melulu kepemimpinan di kedinasan harus dijabat laki-laki,” kata Teh Celli.

Teh Celli berharap untuk kaum perempuan di Karawang harus terus meningkatkan kualitasnya dalam pembangunan daerah. Karena kaum perempuan memiliki peran yang sangat besar dalam memajukan berbagai sektor di daerah. 

(Ahmd Z)

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button