oleh

Peran Serta Bhabinkamtibmas Polsek Pangalengan Dalam Hal Ilmu Religi

Bripka Roby saat mengajar ngaji anak-anak disebuah masjid

PenaKu.ID – Peran para anggota Bhabinkamtibmas dalam melayani masyarakat hingga menanamkan kecintaan pada anak -anak terhadap polisi memang perlu dilakukan, kehadiran Polisi di tengah masyarakat menjadi pengayom dan pelindung.

Seperti yang dilakukan anggota Polsek Pangalengan Polresta Bandung Bripka Roby, S.Hi., Sebagai petugas Bhabinkamtibmas Desa Pangalengan di Kabupaten Bandung, yang menyempatkan diri untuk mengajar anak-anak usia dini membaca Alquran usai melaksanakan tugasnya sebagai polisi.

Hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk anak-anak dengan pendidikan moral dan agama serta untuk menghindari kekerasan dan pelecehan di wilayah tersebut. Bripka Roby bahkan tak memungut biaya untuk anak-anak lantaran dari keluarga yang tergolong kurang mampu alias gratis.

Karena kedekatannya dengan anak-anak, Bhabinkamtibmas Bripka Roby, S.H., kerap menjadi tempat bimbingan. Saat semester ujian, anak-anak ini memintanya menjadi guru dan belajar les tambahan di Rumah.

“Rumah saya jadi tempat kumpul anak-anak, saya bangga mereka percaya kalau saya bisa mengajar mereka,” ujar Bripka Roby, Minggu (26/1/2020).

Selain mengajar ngaji, selaku Bhabinkamtibmas juga ditugaskan komandannya untuk melatih siswa sekolah dasar berada di wilayah tugasnya. Hal ini dilakukan dengan harapan anak lebih dekat dengan program Polisi sehingga Polisi Sahabat Anak dapat diterapkan melalui Bhabinkamtibmas.

Kapolsek Pangalengan Kompol Umar Said memaparkan, di wilayahnya, Bhabinkamtibmas ditugaskan untuk untuk melayani masyarakat khususnya anak anak mengaji.

Menurutnya, setiap Bhabinkamtibmas menjalankan program Polri dengan menjadikan Polisi Sahabat Anak dan lainnya.

“Melalui kegiatan Bhabinkamtibmas ini diharapkan dapat mengubah pola pikir yang selama ini anak-anak takut dengan Polisi menjadi Polisi Sahabat Anak,” kata Kompol Umar.

Kapolsek Pangalengan Juga menjelaskan, Bripka Roby selalu mengajarkan baca Al-quran kepada anak-anak diwaktu setelah melaksanakan Sholat Ashar di Mesjid Baitul Muhaimin Kp. Babakan Siliwangi Desa Pangalengan kec. Pangalengan sekira jam 16.00 WIB.

Kapolsek Pangalengan Kompol Umar Said mewakili Kapolresta Bandung dalam wawancara mengatakan bahwa anggota Polri dituntun bukan hanya dalam pelayanan Harkamtibmas saja melainkan dari segi Agamis juga dituntut untuk menularkan pengetahuan Agama kepada masyarakat.

( wnd/hms )

Komentar

News Feed