Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa Dan Negara

Kota Sukabumi, LabakiNews.id –

Bertempat dilapangan Merdeka kota Sukabumi, Hari Bhayangkara ke 73  tingkat Polres kota Sukabumi, Rabu (10/07/2019) berlangsung dengan meriah dan penuh dengan uphoria dari masyarakat yang hadir.
      

Menurut panitia bahwa seharusnya peringatan hari Bhayangkara dilaksanakan setiap tanggal 1 Juli setiap tahunnya. Tanggal 10 Juli dilaksanakan upacara hari Bhayangkara tingkat Polres diseluruh Indonesia secara serentak. Oleh karena itu peringatan dan syukuran hari Bhayangkara dilaksanakan tanggal 10 Juli tahun 2019 tingkat Polres Sukabumi kota.

Pelaksanaan peringatan hari Bhayangkara ke 73 Polres Sukabumi Kota melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada dikota Sukabumi dan sekitarnya. Maksud dan tujuannya untuk lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat sehingga masyarakat dikota Sukabumi ikut serta merasa memiliki, merasakan keberadaan Polri ditengah tengah masyarakat dan hal ini sesuai dengan tema peringatan hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 yaitu dengan semangat prometer pengabdian Polri untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Selain melibatkan anggota anggota TNI dan POLRI sebagai peserta upacara juga didukung oleh 2500 orang dari berbagai komunitas yang ada dikota Sukabumi serta didukung 50 orang musisi yang akan mempersembahkan atraksi musik yang istimewa.

Tidak seperti biasanya peringatan hari Bhayangkara ke 73 kali ini dikemas secara berbeda dalam sebuah rangkaian pertunjukan seni musik, seni drama dan seni budaya yang ada di kota Sukabumi. Merangkul berbagai lapisan masyarakat dan juga berbagai komunitas yang ada dikota Sukabumi dalam suatu acara ceremony is fun and concer.

Berbagai atraksi seni musik modern, seni drama dan seni budaya ditampilkan dalam hari Bhayangkara ke 73 Polres Sukabumi kota. Salah satunya seni musik marawis yang kini telah menjadi salah satu kesenian yang sudah beradaptasi dengan budaya lokal Indonesia khususnya di kota Sukabumi. Kesenian marawis ikut serta memeriahkan hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019 tingkat Polres Sukabumi kota. Sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta atas segala nikmat yang telah kita dapatkan maka lagu-lagu marawis yang dilantunkan dan berkumandang merupakan perwujudan rasa syukur dan puji pujian kita kepada SANG PENCIPTA dan salawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Hal ini mengimplementasikan visi dan misi kota Sukabumi yaitu terwujudnya kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera serta mewujudkan masyarakat yang berakhlakul karimah yang cerdas. Seni marawis yang ditampilkan datang dari berbagai macam sekolah demi ikut memeriahkan hari Bhayangkara ke 73.

Juga, tampak kaum disabilitas dari kota Sukabumi turut serta memeriahkan acara hari Bhayangkara. Mereka meskipun dari fisiknya tanpa daya dan harus dibantu dengan orang lain tapi tampak bersemangat dan terlihat gembira mengikuti acara hari Bhayangkara. Hal ini bukti bahwa Polri memberikan perlindungan dan pengayoman kepada kaum disabilitas. 

Bentuk perwujudan pembinaan Polri kepada berbagai lapisan masyarakat juga ternyata termasuk kepada atlet Paramotor kota Sukabumi yang ikut memeriahkan hari Bhayangkara. Atlet Paramotor dibina langsung oleh Kasat Intel Polres Sukabumi Kota, AKP Agustinus Manurung.

Kemudian Kapolres Sukabumi kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H,S.I.K,M.SI. memberikan sambutan yang merupakan berupa teks dari Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo. Amanah dari Presiden itu ditujukan kepada Wakil Presiden, Ketua dan Wakil Ketua Lembaga Tinggi Negara, Ketua dan Wakil Ketua anggota DPR RI, Panglima TNI, Kapolda Sesepuh, Senior dan para Purnawirawan Polri dan segenap anggota Polri dan seluruh rakyat Indonesia. Atas nama rakyat, bangsa dan Negara Indonesia, Presiden mengucapkan selamat hari Bhayangkara yang ke 73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun ditugaskan. 

Presiden mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah yang telah ditunjukan personil Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam momentum hari Bhayangkara ini Presiden pun tak lupa mengajak kita semua untuk mendoakan kepada para personil Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan balasan yang setimpal atas segala pengorbanan, perjuangan dan pengabdian para personil yang gugur serta memberikan kesabaran kepada keluarga yang ditinggalkan.

Kerja keras dan pengabdian Polri menurut Presiden hasilnya telah dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan tahun 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan Internasional yang diselenggarakan pemerintah Indonesia yaitu Asian Games dan Asia Para Games. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019 sehingga terselenggara dengan aman, damai dan demokratis. Juga seluruh agenda kegiatan kemasyarakatan dapat terselenggara dengan aman mulai dari perayaan Natal tahun 2018, Tahun Baru tahun 2019 sampai dengan puasa bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2019. Serta situasi kamtibmas yang aman, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar. Stabilitas harga serta persediaan bahan pangan yang terjamin aman dan lancar keseluruh wilayah Indonesia. Polri juga bersama rakyat turut aktif menanggulangi berbagai bencana alam yang terjadi diberbagai wilayah tanah air. 

Polri juga telah berhasil mengungkap kejahatan tindak pidana korupsi sepanjang tahun 2018 yang merugikan negara senilai Rp 2,9 Trilyun dan menyelamatkan uang negara sebesar Rp 2,3 Trilyun.

Selanjutnya disela sela ramah tamah Kapolres Sukabumi kota AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H,S.I.K,M.Si. mengatakan kepada insan pers bahwa semua komunitas yang diundang hadir dikota Sukabumi berjumlah lebih dari 3000 orang dengan berbagai tampilan. Hal ini menunjukan bagaimana Polri bisa berbaur dengan berbagai lapisan masyarakat. 

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung tugas tugas Polri dan ini tentu menjadi motivasi kami untuk meningkatkan kinerja juga pelayanan kepada masyarakat. Melepas merpati sebagai simbol momentum untuk kita lebih baik lagi untuk bisa berkreatif lagi sebebas burung merpati. Dalam bidang kamtibmas memperbanyak kehadiran kami ditengah tengah masyarakat. Dibidang penegakan hukum juga kami akan terus meningkatkan pengungkapan pengungkapan kejahatan curas, curat dan geng motor. Tentunya kami akan mengedepankan upaya persuasif, preventif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan. Menekan kejahatan dengan cara mengajak semua komunitas untuk sama-sama menjaga situasi lebih baik. Evaluasi kita selama satu tahun didalam kamtibmas, kami sukses melaksanakan pengamanan pengamanan perhelatan akbar bangsa ini. Dibidang pelayanan masyarakat kami berhasil meraih predikat WBK. Masuk empat besar terbaik se Indonesia dalam pelayanan publik dan akan maju lagi tahun ini untuk bisa meraih WBBF”, pungkasnya

Tampak hadir para tamu undangan Kasubag Polri, Danrem 06, Forkopinda, Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Dandim 0607, Ketua DPRD kota Sukabumi, dan Muspida serta tokoh tokoh masyarakat kota Sukabumi serta para tamu undangan lainnya.

( Siswadi hs )

Leave a Reply

Your email address will not be published.