Pencegahan Penyebaran Covid-19 Bisa Dilakukan dengan Memantau Warga

PenaKu.ID – Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19), disebutkan anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi PKS, H. Irwan Abu Bakar, dengan memantau warga yang memiliki riwayat bepergian di daerah efisenter dan menelusuri kontak dari pasien yang sebelumnya sudah terinfeksi.

Dengan penelusuran itu, dikatakannya, bisa menjadi sarana pencegahan penyebarannya. Mengingat pandemi covid-19 ada 2 kategori, pasien dengan gejala serta pasien tanpa gejala. Jelas hal itu perlu diwaspadai oleh semua pihak agar tidak menyebar kepada orang lain.

“Penelusuran itu bisa merupakan indikasi yang pastinya membutuhkan solusi semua pihak, diantaranya pemerintah dan masyarakat dengan selalu mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan,” katanya diruang fraksi, Senin (21/9/2020).

Sementara diselenggarakannya operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan, dikemukakan Irwan, itu merupakan sebuah upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran pandemi covid-19. Tujuannya jelas agar masyarakat maupun komunitas bisa aman dan nyaman serta sehat. Bila divisualisasikan, itu merupakan pengingat bagi masyarakat untuk selalu memakai Alat Perlindungan Diri (APD) setiap beraktivitas atau keluar rumah.

Dia meminta kepada pemerintah dan Satuan Gugus Tugas penanggulangan Covid-19, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, ulama, cendekiawan, dan akademisi, bisa turut aktif berperan dengan mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Kita tidak berharap negara ini khususnya Kabupaten Bandung menjadi episentrum pandemi covid-19. Untuk mengantisipasi itu jelas harus ada kesadaran semua pihak untuk selalu menerapkan dan mematuhi setiap aturan,” ujarnya.

Kalaupun ada tindakan tegas dari Pengawas Pengendalian Covid-19, lanjutnya, itu memang sebuah resiko yang harus diterima masyarakat. Karena apa yang dilakukan petugas demi kesehatan dan keamanan masyarakat, jadi jangan menyalahkan tindakannya itu.

Irwan mengimbau kepada masyarakat, patuhi zona distancing, sosial distancing, phiscal distancing. Dengan mematuhi peraturan tersebut, maka semua bisa terhindar dari ancaman covid-19. Maka dari itu tingkatkan kewaspadaan supaya tetap sehat.



(Alfatah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.