PenaRagam
Trending

Pemkot Sukabumi Targetkan SAKIP Level A

PenaKu.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi menargetkan nilai yang lebih baik dalam pencapaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada tahun 2021 ini.  Demikian diungkapkan Walikota Sukabumi Achmad Fahmi saat rapat virtual yang digelar Kamis (27/6/21).

Fahmi mengatakan, targetnya nilai SAKIP Kota Sukabumi makin meningkat dalam upaya percepatan pelayanan kepada warga.

“Bimtek ini membangun sebuah pemahaman yang sama terkait SAKIP yang merupakan indikator yang harus dilakukan percepatan dalam konteks pelaksanaan reformasi birokrasi di Pemkot Sukabumi,” kata Walikota.

Kegiatan ini sangat diperukan karena terkadang mengalami pasang surut baik sisi semangat kolaborasi dan sinergitas ketika di lapangan.

Sebab, kata Fahmi, dalam konteks reformasi birokrasi dan pelayanan lebih baik maka kebersamaan harus diperkuat. Di manan ketika ada SKPD yang lemah harus menjadi tugas teman SKPD lainnya menguatkan.

Intinya, lanjut fahmi, kolabirasi dan kebersamaan jadi kata kunci utama pencapaina SAKIP lebih baik dari waktu ke waktu. Ia bersyukur pada 22 April 2021 lalu Kota Sukabumi jadi salah satu daerah yang diundang Kemenpan RB mendapatkan penghargaan SAKIP. Perolehan SAKIP 2020 adalah 76,51 atau peringkat BB.

Baca juga:

“Ke depan target A karena dalam visi dan misi terutama misi ke empat termaktub tata kelola pemerintahan baik dan inovatif salah satu indikator yakni pencapaian SAKIP harus lebih baik,” harap Fahmi.

Fahmi menuturkan, efektivitas perencanaan, penganggaran dan target kinerja menggambarkan budaya kerja di setiap SKPD. Denga kebersamaan dan kolaborasi dan pemahaman yang sama serta saling menguatkan dan memotivasi pencapaian target nilai SAKIP naik dapat diwujudkan lebih awal.

“Namun bukan hanya nilai SAKIP yang jadi tujuan utama, yang diharapkan percepatan pelayanan dan reformasi birokrasi makin baik. Targret yang ingin diperoleh yakni kenyamanan masyarakat dengan keberadaan pemerintah daerah,” ujar dia.

Diketahui, rapat virtual ini diikuti oleh Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Asisten Administrasi Iskan Darifhan dan narasumber Agusdin Muttaqin, Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementrian Reformasi dan Birokrasi.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!