PenaPemerintahan
Trending

Pemerintah Kota Sukabumi Miliki Potensi KIP yang Baik

PenaKu.IDPemerintah Kota Sukabumi dipandang memiliki kemampuan untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik yang baik di dalam pemerintahan.

Demikian diungkap Ketua TIm Independen Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Dedi Jamaludin Malik dalam kunjugannya ke Pemerintah Kota Sukabumi, Jumat kemarin.

Kunjungan Dedi Jamaludin tersebut merupakan verifikasi lapangan monitoring dan evaluasi serta pemeringkatan penerapan keterbukaan informasi publik (KIP).

Dedi menuturkan, Pemkot Sukabumi mempunyai komitmen tinggi untuk menjadikan pemerintahan transparan, akuntabel dan demokratis. Hal ini ditandai dengan hadirnya pejabat utama dalam penerimaan monev.

Kondisi tersebut, lanjut Dedi, juga ditunjang dengan bukti angka KIP yang baik sehingga Pemkot Sukabumi jadi calon kompetitor keterbukaan informasi di Jabar.

Sementara Walikota Sukabumi Achmad Fahmi menyatakan komitmen pemkot dalam menyampaikan keterbukaan informasi publik dan merespon masukan serta saran dari masyarakat.

 “Pemda harus siap dan berbenah diri serta terbuka dalam menyampaikan informasi dan semangat ini harus muncul dari daerah,” kata Fahmi.

Pemerintah Kota Sukabumi Perkuat PPID

Apalagi, sambung Fahmi, di tengah percepatan teknologi saat ini dan tuntunan warga semakin tinggi atas keterbukaan informasi publik termasuk di dalamnya pembangunan.

Sehingga, menurutnya, informasi di pemerintahan dapat diterima dengan cepat oleh warga dan ketika ada keluhan serta masukan dapat direspon dengan cepat. Oleh karenanya dalam penerimaan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat ini SKPD yang terkait dihadirkan.

Komitmen ini, kata fahmi, merupakan pelaksanaan dari pembangunan berbasis masyarakat. Terlebih Kota Sukabumi diterapkan pemerintah pusat menjadi Pusat Kegiatan Wilayah (PKW).

Fahmi mengatakan untuk mejalankan KIP, Pemerintah Kota Sukabumi memperkuat keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Hal ini untuk mewujudakan pelayanan informasi dokumentasi yang cepat, transparan dan akuntabel, misalnya informasi penanganan COVID-19 yang dipersipakan layanan informasi rutin berkala.

Seperti diketahui, kunjungan Tim Verifikasi Komisi Informasi Jabar tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Sukabumi Andri S Hamami, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan Para Kepala SKPD Pemkot Sukabumi.

**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button