PenaRagam

Patuhi Ini Jika Hendak Berlibur, Jika Tidak, Siap-siap Disetop Petugas

PenaKu.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat di hali libur panjang pekan ini akan melakukan giat ramp check atau operasi kalaikan kendaraan yang akan turut serta melibatkan jajaran TNI dan Polri di lapangan.

Dijelaskan Sekretaris Dishub Provinsi Jawa Barat Idat Rosana, operasi tersebut juga dilakukan kepada awak bus yang bertugas.

“Untuk sopir, kita sudah mengimbau kepada PO itu bahwa kesehatan sopir menjadi jaminan utama, selain itu kendarannya dari pool sebelum pemberangkatan harus dipersiapkan dari teknis kendaraannya,” kata Idat saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 29 Oktober 2020.

Idat menegaskan, pemeriksaan kelaikan kendaraan tidak hanya dilakukan pada bus AKDP maupun AKAP. Bus wisata atau travel pun tak luput dari pemeriksaan.

Lanjut Idat, ramp check dan pemeriksaan kesehatan awak bus ini dilakukan oleh Dishub Jabar secara serempak di seluruh kota/kabupaten. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan saat libur panjang akhir pekan ini.

Pada hari ini, Idat dan tim melakukan ramp check di sekitaran Exit Tol Soreang, Kabupaten Bandung. Bus-bus yang akan menuju Ciwidey dan objek wisata lainnya di Kabupaten Bandung akan dihentikan untuk diperiksa kelaikannya.

Jika ditemukan bus yang tidak lengkap dokumen serta dari sisi teknis tidak laik jalan, maka, ucap Idat, bus dilarang untuk melanjutkan perjalanan dan semua penumpang diminta turun untuk berganti kendaraan dengan kendaraan baru dari PO Bus tersebut.

“Penumpangnya nanti diturunkan dan nanti itu harus bertanggung jawab dari PO atau dari travel harus mengganti kendaraannya, dan kendaraan yang tidak bisa melanjutkan perjalanan akan kita cek dan kendaraannya harus diganti untuk melanjutkan perjalanan,” jelasnya.


(Jaf)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button