Misteri dan Keindahan Obyek Wisata Ziarah Panjalu

danau wisata ziara panjalu ciamis

penaKu.ID – Wisata Ziarah Panjalu yang beralamat di Situ lengkong, Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat salah satu wisata yang cocok buat keluarga dan pecinta sejarah patut dicoba. Masih alami dan harga tiket masuknya pun terbilang bersahabat.

Tempat tersebut menyediakan parkiran yang cukup luas. Di samping itu, tentunya tempat tersebut menyuguhkan panorama alam yang instagramable buat para pecinta selfie.

Wisata Ziarah Panjalu merupakan salah satu tempat wisata sejarah, karena merupakan situ/danau yang cukup luas dengan memiliki sebuah pulau kecil di tengah-tengah danau, yang terdapat makam/kuburan Prabu Hariang Kencana.

untuk menuju pulau tersebut, para pengunjung bisa menggunakan perahu yang ada di danau.

Wisatawan yang tengah berada di atas perahu



“Dibalik keindahan wisata ziarah tersebut Konon katanya, Situ Lengkong ini pada zaman dahulu adalah pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu. Di Situ Lengkong terdapat 3 buah pulau kecil (nusa). Di tengah Situ Lengkong terdapat sebuah pulau yang disebut Nusa Larang. Di Nusa Larang inilah terdapat Makam Prabu Hariang Kancana. Wisatawan dapat mengunjungi nusa dengan menaiki perahu yang banyak terdapat di Dermaga Situ Lengkong,” ujar Kocep gacul salah seorang warga Ciamis.

Sementara itu, team youtuber CSE Project dan salah seorang pengunjung Wisata Ziarah Panjalu mengatakan beberapa mitos di tempat keramat tersebut.

“Pantangan tersebut di antaranya seperti tidak boleh mengatakan kalong, pada saat melihat kelelawar besar di sekitar area yang dikeramatkan. Dipercayai, jika pantangan atau larangan tersebut dilanggar, maka akan terjadi malapetaka. Konon kabarnya sudah ada yang terjadi,” sambung Dhea Noerpatimah, team youtuber CSE Project dan salah seorang pengunjung Wisata Ziarah Panjalu.

Dengan pemandangan alam nan indah, udara yang sejuk, Situ Lengkong Panjalu menjadi tempat yang nyaman untuk berlibur. Bagi para penggemar fotografi, Situ Lengkong merupakan tempat yang menarik untuk hunting landscape maupun hunting human interest.



(Cep Saefuloh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.