Kontribusi Warga Cibolang Terhadap Program Pembangunan Desa

Bahan material pembangunan tpt warga cibolang

PenaKu.ID – Warga Kampung Cibolang, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi Jum’at (28/08), melaksanakan kerja bakti dan iuran swadaya warga, upaya meningkatkan kualitas Tembok Penahan Tanah (TPT) saluran drainase guna mendukung program pembangunan desa dan peduli terhadap lingkungan.

“Bantuan dana yang diperoleh dari program pembangunan desa ialah sebesar 30 juta rupiah. Dana tersebut digunakan untuk memperbaiki saluran drainase, sebagaimana untuk meningkatkan TPT (Tembok Penahan Tanah) saluran drainase yang tidak layak dan akibatnya sampah mulai tersumbat,” ujar Hendi, Ketua RT 01/01, Kampung Cibolang.

Menurutnya, warga iuran swadaya mulai dari 5 ribu sampai 50 ribu per kepala rumah tangga terkumpul sebesar 1 juta rupiah. Dana iuran tersebut tentunya untuk menutupi kekurangan estimasi RAB (Rencana Anggaran Biaya) perbaikan saluran drainase.

“Jika mengandalkan dana bantuan program pembangunan desa sebesar 30 juta, tentunya tidak akan cukup untuk proses tahap awal sampai pekerjaan selesai,” sambung H. Asep, Ketua Pelaksana perbaikan saluran drainase Kampung Cibolang.

Menurutnya, warga Kampung Cibolang selain memberi kontribusi berupa materi, mereka ikut andil juga dalam pelaksanaan di lapangan dengan rasa tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan Kampung Cibolang.

Sehingga dengan kontribusi warga tersebut, jelasnya, akan memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses pekerjaan untuk meningkatkan kualitas TPT (Tembok Penahan Tanah) memperbaiki saluran drainase Kampung Cibolang yang sedang dilaksanakan pada 28 Atustus 2020.

“Semoga selesai terhitung 20 hari kedepan,” katanya.



(Cepsa)

Reporter: Cep Saepuloh
Penulis: Cep Saepuloh

Editor: Js

Leave a Reply

Your email address will not be published.