Komisi V DPRD Jabar Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Sukabumi

PenaKu.ID – Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat prihatin atas terjadinya bencana banjir bandang di Kecamatan Cicurug yang terjadi beberapa hari lalu.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Muiz mendorong dinas terkait untuk penyesuaian anggaran bagi kebencanaan. Pasalnya, setelah melihat langsung kondisi di lokasi banjir bandang banyak sekali korban yang terdampak dari banjir tersebut. Baik itu secara moril maupun materil.

“Kita lihat selain rumah yang hancur hingga banyak yang ngungsi, barang dan kendaraan pribadi pun banyak yang hanyut. Bahkan, hingga kini berdasarkan informasi masih ada korban yang hilang,” ujar Abdul Muiz di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (25/9/2020).

Dia berharap, bantuan dari pemerintah untuk korban bencana banjir bandang dapat cepat tanggap dan memberikan alokasi anggaran yang besar. Selain itu pihaknya akan terus mendorong dan memastikan alokasi anggaran (kebencanaan) yang bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat Jawa Barat.

“Tentu akan kita dorong penambahan anggaran ini untuk dialokasikan pada kebencanaan di Jabar khususnya di Cicurug ini,” katanya.

Berdasarkan data BNPB pada Rabu 23 September 2020 lalu, peristiwa banjir bandang tersebut telah berdampak pada 176 KK atau 525 jiwa dan sebanyak 78 jiwa terpaksa harus mengungsi.

Banjir bandang mengakibatkan sedikitnya 127 unit rumah yang tersebar di 11 desa terdampak, dengan rincian 34 unit rumah rusak berat , 23 rusak sedang dan 70 rusak ringan.

selain itu pada kesempatan tersebut Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan untuk masyarakat terkena dampak dengan simbolis.



(Dp/hm)

Leave a Reply

Your email address will not be published.