Ikatan Wartawan Online Kab Sukabumi Gelar Rapat UMKM Tuk Hadapi Masa Pandemi

Para pengurus ikatan wartawan online kabupaten sukabumi

PenaKu.ID – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat kerja tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kp. Pasirbilik, Desa Sampora, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi Minggu (02/08/2020).

Sebelum mengacu pada rapat kerja pembahasan tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut, Heriyadi, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sukabumi, yang kebetulan juga beliau sebagai Pengawas Dewan Pimpinan Pusat Pers Sukabumi Ngahiji (DPP PSN) menyampaikan agar adanya reshuffle kepengurusan di IWO.

Hariyadi selaku Ketua PD-IWO yang sekaligus menjadi pimpinan rapat kerja menyodorkan 2 (Dua) kandidat bakal calon yaitu:

1. Aom Muharam dari media online Penaku.ID
2. Irwan dari media online jejakkasus.com

Selanjutnya, mekanisme pemilihan dilaksanakan dengan cara demokratis melalui voting dari 20 media online yang hadir.

Dari pemilihan tersebut, muncul lah Aom Muharam dengan perolehan suara terbanyak sebagai sekretaris PD-IWO Kabupaten Sukabumi dan beliau juga menjabat sebagai Wasekjen di DPP PSN.

Aom dalam kesempatan itu menuturkan, bahwa media online yang sekarang hadir dan tergabung di IWO adalah para bidan sejarah dan penjaga kebebasan pers.

“Kita sebagai pengamban tugas dari Undangan-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, yang kini telah menjadi satu naungan dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) dan Pers Sukabumi Ngahiji (PSN) sebagai salah satu wadah organisasi profesi,” ujarnya.

Sementara itu, Yopie, salah seorang pengurus IWO mengungkapkan rapat kerja UMKM tersebut guna membahas sektor perekonomian yang kena dampak dari wabah virus Covid-19.

“UMKM ada relevansinya dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat dari mulai bawah akar rumput (gresroot), tujuannya agar bisa tertopang kebutuhan masyarakat,” ungkap Dewan Etik IWO Yopi Sulaeman.

Lanjut Yopi untuk menopang UMKM tersebut, maka pihaknya bakal membentuk Pengurus Cabang IWO di tingkat Kecamatan agar mampu bekerja sama dengan program induk yayasan dan koperasi.

“Sehingga penyalurannya menjadi tepat sasaran. Kami pun tetap akan selalu berkomunikasi dan berkordinasi dengan Pengurus PSN,” papar Yopi.


(Oken)

Leave a Reply

Your email address will not be published.