Gunung Merapi Kembali Erupsi, BPPTKG Tetapkan Status Waspada

Gunung merapi, foto (tirto)

PenaKu.ID – Lagi, Gunung Merapi mengalami dua kali erupsi pada Minggu (21/6/2020) yang terjadi pada pukul 09.13 dan 09.27 WIB. Lasmian, petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang membenarkan terjadinya erupsi tersebut.

“Iya benar, pukul 09.13 WIB,”ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman saat dihubungi melalui WhatsApp (WA), Minggu (21/6/2020), seperti di kutip kisah teratas.

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta erupsi yang terjadi pada pukul 09.13 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 milimeter. Sedangkan untuk durasi tercatat 328 detik.

Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 6.000 meter dari puncak Gunung Merapi. Sedangkan arah angin saat terjadi erupsi ke barat.

Kemudian, pada pukul 09.27 WIB, Gunung Merapi kembali erupsi.

BPPTKG Yogyakarta mencatat erupsi kedua ini dengan amplitudo 75 milimeter. Sedangkan durasi tercatat 100 detik. Tinggi kolom erupsi tidak teramati.

Sampai dengan saat ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II (waspada).

BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan radius bahaya berada di dalam tiga kilometer dari pucak Gunung Merapi.


Kontributor: hlh

Editor: Js

4 thoughts on “Gunung Merapi Kembali Erupsi, BPPTKG Tetapkan Status Waspada

Leave a Reply

Your email address will not be published.