PenaRagam
Trending

Gubuk Reyot Milik Anwar Dibongkar Warga, Program Rutilahu ke Mana?

PenaKu.IDGubuk Reyot Milik Anwar (65) warga Kampung Sirnagalaih RT 03/09 Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur Jawa Barat, terpaksa dibongkar warga pada Minggu sore (5/9/21).

Pasalnya, Gubuk Reyot Milik Anwar dengan ukuran 7 X 6 meter itu setelah dipasang kayu penyangga bukan malah kokoh, melainkan nyaris ambyar. Seluruh bangunan mendadak goyang dan labil.

Ketua MUI Desa Mekargalih Ahmad Yusi Abdussalam memaparkan Gubuk Reyot Milik Anwar sudah lapuk dimakan usia. Hal itu ia ketahui setelah melakukan peninjaun ke lokasi setelah adanya laporan warga sekitar.

Ahmad mengatakan Gubuk Reyot Anwar sudah tak layak dihuni dan khawatirkan ambruk saat didiami.

“Kang Anwar udah saja jangan tingal di rumah, lebih baik ngungsi saja di rumah tetangga karena takut ambruk saat keluarga ada di didalam rumah,” kata Ahmad kepada Anwar saat mengunjungi lokasi.

Tak pikir panjang, maka pihaknya beserta Ketua RT /RW dan masyarakat langsung mengevakuasi keluarga Anwar ke rumah tetangganya, Asep Solihin, yang lokasinya tak jauh dari rumah Anwar.

Gubuk Reyot Milik Anwar Butuh Program Rutilahu

Sementara itu, Ketua RW 09 Lukman (48) menambahkan Rumah Reyot Milik Anwar telah beberapa kali diusulkan untuk dibangun pada program Rutilahu (rumah tidak layak huni), namun hingga kini belum terealisasi.

Upaya, kata Lukaman, sempat dilakukan dengan menyangga Gubuk Reyot Milik Anwar namun tak membuahkan hasil, malah makin goyah tak seimbang.

Akhirnya setelah melakukan musyawarah, warga langsung membongkar Gubuk Reyot Milik Anwar dengan alasan keamanan dan khawatir ambruk saat dihuni.

Setelah dibongkar, Lukman mengaku kebingungan bagaimana carannya membangun kembali Rumah Anwar karena mentok biaya.

Untuk itu Lukman berharap Pemkab Cianjur buka mata akan kondisi yang dialami warga di Kampung Sirnagalih yang mengharapkan bantuan tempat tinggal. Ia mendorong agar Pemkab Cianjur memberikan Program Rutilahu kepada Anwar.

“Saya berharap bantuan dari semua pihak khususnya Pemkab Cianjur segera datang untuk membantu Anwar,” tandas Lukman.

(a_sam)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button