Gelar Bakti Sosial Donor Darah, Pemdes Cibiuk Ajak Masyarakat Peduli Sesama

Ciranjang, LabakiNews.id –

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur bekerjasama dengan pemerintah Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan di kantor desa setempat, pekan kemarin. Rabu 10 juli 2019. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap 1 tahun 3 kali.

Kepala Desa Cibiuk, mengatakan program desa donor darah penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah yang bermakna menyelamatkan nyawa sesama manusia.

Lanjut Yandi Ruhyandi Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial Pemerintah Desa Cibiuk bersama warganya untuk sesama dan berharap, melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan, karena ada istilah satu tetes darah bisa menyelamatkan nyawa.

Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang dengan tulus setiap saat membantu sesama manusia memberikan kehidupan, penyelematan dengan cara mendonorkan darahnya untuk keselamatan kita semua. Oleh karena itu, wajar kita berterima kasih dengan acara ini,” pungkasnya

Menurut nya kebutuhan akan darah mencapai 5 juta kantong per tahunnya. Sehingga, masyarakat harus bahu-membahu memenuhi target tersebut. Atas dasar itu, dengan diprakarsai Kementerian Kesehatan (Kemkes) dicanangkan program desa donor darah.

“Diharapkan ini meningkatkan kesadaran mulai dari kelompok terkecil (masyarakat desa) untuk siap menjadi pendonor darah sukarela dan rutin,” ujar Yandi.

Sementara itu jumlah pendonor kali ini mencapai 26 pendonor dan yang bisa mendonor 22 pendonor sisanya gagal mendonorkan darahnya dikarenakan faktor tekanan darah terlalu rendah dan HB kurang.

Poldes Desa Cibiuk oja, mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran membantu sesama yang membutuhkan darah dengan cara mendonorkan darahnya melalui PMI dan tidak harus melalui momentum pada saat ada kegiatan, akan tetapi masyarakat juga bisa setiap saat datang langsung ke PMI pungkasnya.

( h shrd )

Leave a Reply

Your email address will not be published.