oleh

DPP Gerinda Minta Kemendagri Bentuk Desk Corona

Fauziyah suci cahyani, anggota DPP Gerindra bid hukum. Foto ( nn/kontributor penaku.id )

PenaKu.ID – Menyikapi wabah Virus Corona atau Covid-19, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra, meminta kepada Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, untuk memaksimalkan Crisis Centre diwilayahnya masing-masing. Agar tidak terjadi informasi yang simpang siur.

Adanya informasi tidak jelas, dikatakan Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Perlindungan Anak Advokasi Hukum DPP Gerindra, Fauziah Suci Cahyani S.H.,M.H., hanya akan membuat panik masyarakat. Sehingga bisa menimbulkan kericuhan.

Untuk meredam permasalahan tersebut, DPP Gerindra, lanjutnya, menginstruksikan ke Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang, dan Anak Cabang, untuk berpartisipasi melakukan monitoring diwilayahnya masing-masing.

Terutama yang berkaitan dengan berita bohong atau hoax mengenai virus corona.

Fauziah meminta kepada pemerintah untuk terus memberikan informasi valid satu pintu, yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui media mengenai perkembangan dan antisipasinya agar bisa tenang, nyaman dan tidak menimbulkan kepanikan.

“Selain dilakukan sosialisasi secara terus menerus, saya fikir pemerintah juga perlu ada anggaran tersendiri untuk mengatasi penyebaran virus corona. Jadi anggaran yang di floating itu harus bersifat khusus bukan hanya untuk pencegahan dampak ekonomi saja, tetapi juga untuk pencegahan menyebarnya virus corona,” katanya, saat berkunjung ke Bandung, Rabu (18/3/2020).

Dia yakin, dengan adanya informasi valid dan tersedianya anggaran tersendiri bisa menahan penyebaran dan virus tersebut. Juga mengedukasi masyarakat agar tetap tenang dan waspada terhadap penyebaran virus itu.

Fauziah menambahkan, Gerindra meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, untuk mrmbentuk Desk Corona, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona. Termasuk di bentuk Tim Khusus Penanganan Virus Corona.

Tujuannya, agar bisa mendeteksi keadaan wilayah di Indonesia dan melakukan pendataan yang bekerja sama dengan Menteri Kesehatan, agar bisa segera dilakukan tindakan medis, bila mendapatkan informasi ada masyarat terindikasi virus tersebut.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. Bila merasa terindikasi atau melihat gejala-gejala terjangkitnya virus corona, agar segera menghubungi pihak medis. Dengan tanggap siaga maka akan terputus penyebarannya,” ujarnya.

Pemerintah juga diminta Fauziah untuk tetap memberikan dan mengeluarkan panduan bagi masyarakat mengenai antisipasi pencegahan menyebarnya virus corona. Dengan adanya informasi panduan itu, diharapkannya masyarakat bisa tenang dan merasa aman.

Fauziah menegaskan, Gerindra akan tetap ada dan menjadi bagian dari masyarakat. Dan akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi Rakyat Indonesia. Karena Gerindra ada itu untuk kebaikan dan kepentingan semua.

( NN )

Baca juga;  Yana, "Jangan Ada Stigma Penderita Covid-19 dan Keluarganya"

Komentar

News Feed