PenaRagam

DP2KBP3A Bandung Barat Gelar Pelayanan KB Serentak

PenaKu.ID – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melaksanakan pelayanan KB secara serentak, dalam rangka memperingati Hari Kartini, Kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat pada Rabu (21/4/21).

Launching tersebut serentak dilaksanakan di Terminal Parongpong dan berdekatan dengan  Pasar Tradisional. Hal itu dilakukan sesuai tematik BKKBN perwakilan Jawa Barat (Jabar), pencanangan pelayanan di pusat keramaian, seperti pasar tradisional.

Ketua Tim Penggerak PKK KBB, Sonya Fatmala menyebut, meski sekarang pada masa pandemi COVID-19. Pihaknya tetap menganjurkan masyarakat di KB, hal itu guna menciptakan keluarga yang berencana.

Menurutnya, bila angka kehamilan tidak ditekan. Tentunya angka kehamilan di masa pandemi ini  akan terus bertambah.

“Alhamdulillah hari ini ada pelaksanaan pelayanan kontrasepsi serentak seluruh Jabar yang berpusat di Terminal Parongpong. Kita memang perlu mendukungnya, agar program KB sukses,” kata Sonya.

Baca Juga:

Sementara itu, Kepala DP2KBP2A KBB, Eriska Hendrayana mengatakan, sesuai dengan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pihaknya memberikan pelayanan serentak bagi para akseptor yang tersebar di 165 desa.

“Di sini (terminal  Parongpong) hanya melayani 12 orang saja. Kita batasi karena kondisi pandemi COVID-19, kita juga secara serentak memberikan layanan di seluruh faskes (fasilitas kesehatan)  pada hari ini,” kata Eriska.

Pelayanan di Terminal Parongpong, terang Eriska, hanya KB suntik dan pemberian pil saja. Sedangkan di faskes ada pelayanan KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

Ia pun memaparkan, selain memenuhi program BKKBN pusat, pelayanan KB serentak juga sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka kelahiran total atau total fertility rate (TFR) Jabar.

Eriska pun menyebut, saat ini TFR Jabar masih di kisaran 2,55 dan akan ditekan lagi hingga 2,11.  Untuk mendukung target Jabar, KBB mengejar TFR 2,33 yang saat ini masih berada di angka 2,35.

“Pelayanan serentak seperti ini, Insha Allah akan dilakukan bertepatan dengan Hari Buruh tanggal 5 Mei nanti. Rencananya, layanan akan kita laksanakan sehari sebelumnya di kawasan pabrik,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang KB/KR  Aam Lia Kartipah mengungkapkan, terselenggaranya pelayanan KB serentak tersebut berkat kerjasama dengan semua leading sektor.

Mulai dari, Dinas Perhubungan (Dishub), Kecamatan Parongpong, Puskesmas Parongpong, IBI, IDI, TPD, TP-PKK, seluruh lini lapangan serta semua pihak yang terlibat.

“Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan lancar berkat bantuan semua pihak. Kita dibantu 17 Forum Pos KB, 169 Pos KB, serta 2.399 Sub Pos KB, yang tergabung dalam Pos Lini Lapangan,” tandasnya.

**CepDar

Related Articles

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button