PenaRagam
Trending

Dispernakan Bandung Barat Akan Salurkan Ribuan Domba Keturunan Garut

Bantuan untuk Kelompok Ternak

PenaKu.IDPemkab Bandung Barat melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) akan memberikan ribuan ekor domba keturunan Garut kepada ratusan kelompok ternak yang tersebar di 16 kecamatan.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan ekonomi Warga KBB khusus bagi mereka yang biasa bergerak di bidang ternak pasca dua tahun diserang pandemi COVID-19.

Berdasarkan hasil verifikasi Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat, ada sekitar 200 lebih kelompok peternak di KBB yang akan mendapat bantuan hewan ternak.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB Asep Dini mengatakan, awalnya ada sekitar 500 kelompok peternak di KBB yang melakukan pengajuan bantuan ternak.

“Sebelum ada refocusing anggaran karena pandemi COVID-19, ada sekitar 500 kelompok ternak. Cuma setelah ada refocusing ada sekitar 200 lebih yang terverifikasi untuk mendapat bantuan,” katanya saat ditemui usai Sosialisasi Calon penerima bantuan ternak di Cisarua, Selasa, (16/11).

Ia menambahkan, kelompok ternak tersebut melakukan pengajuan melalui Sistem Informasi Perencanaan Daerah (SIPD) dari tahun sebelumnya.

“Jadi ajuannya dari tahun yang lalu, untuk tahun sekarang. Kriteria kelompoknya harus ada dan sesuai domisili. Benar-benar peternak, bukan anggota ASN, TNI, dan Polri yang masih aktif,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya akan menyalurkan bantuan hewan ternak tersebut sekitar empat ribu ekor domba keturunan Garut.

Lebih lanjut Asep, masing-masing kelompok ternak akan mendapat bantuan sesuai dengan pengajuan yang diajukan.

“Khusus bantuan domba sekitar 4000 ekor, masing-masong kelompok akan mendapat bantuan tergantung ajuannya berapa yang di SIPD. Jadi sesuai ajuannya,” ujarnya.

Kelompok Peternak di KBB Go Internasional

Ia menuturkan, Pemkab Bandung Barat melalui Dispernakan ingin masyarakat yang bergerak dibidang peternakan itu dapat merasakan hasil dari ternak.

“Meningkatkan hasil ekonomi dari pada peternakan itu harus langsung benar-benar berupaya, berusaha, mencoba untuk beternak,” tuturnya.

Ia menilai bahwa tak sedikit masyarakat Bandung Barat yang berhasil dibidang tani ternak. Salah satunya, Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU).

“Kemudian peternak itik asal Batujajar kelompok family itu berhasil sampai ke tingkat nasional dan peternak kelinci sampai bisa ekspor ke mancanegara,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan hewan ternak tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khusunya bagi mereka yang bergerak di bidang ternak.

“Masyarakat yang terdampak pandemi dapat memulihkan ekonomi dan pendapatannya melalui bantuan ternak. Karena kita hanya sekedar mengemban amanah yang dititipkan,” harapnya.

**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button