PenaKu.ID
Trending

Laskar Merah Putih dan Warga Rawabebek Panen Cabai

PenaKu.IDMarkas Anak Cabang Laskar Merah Putih Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur Jawa Barat panen cabai dengan warga Kampung Rawabebek dan warga Kampung Cikadu, Rabu (13/10/21).

Panen cabai itu dinisiasi atas kerja sama Laskar Merah Putih dengan warga Rawabebek dan Cikadu.

Cabai-cabai tersebut langsung dibeli oleh pemilik modal yang membiayai tanaman cabai tersebut dengan harga 10 ribu rupiah perkilogramnya.

Sekretaris Markas Cabang (Mascab) Lasakar Merah Putih Kabupaten Cianjur juga warga Kecamatan Bojongpicung Asep Dadan Sunandar mengatakan kerja sama dengan para petani tersebut dengan cara bagi hasil.

Asep menuturkan, kerja sama ini juga sebagai satu motivasi bagi anggota Laskar Merah Putih untuk menambah penghasilan. Selain itu juga membantu warga sekitar dengan memberikan beberapa fasilitas dalam penanaman cabai tersebut dari awal hingga panen.

“Kami selain membantu memperjakan masyarat dengan diberi upah kerja juga memberi penghasilan dengan cara persentase juga sekaligus memberikan edukasi menanam cabe yang benar,” kata Asep.

Laskar Merah Putih Menggagas

Kerja sama ini, ujar Asep, digagas oleh anggota Laskar Merah Putih yang memiliki kererampilan dalam berkebun cabai.

“Gagasan Ibu Vika dibantu Kang Uja, Ujang Nursabab dan rekan lainnya yang memiliki skil dalam cara beratani cabai secara profesional,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pengurus Laskar Merah Putih Kecamatan Bojongpicung, Ujang Nursabab menambahkan panen perdana tersebut berdiri di lahan seluas 3.500 meter di dua kampung.

Panen perdana tersebut hasilnya cukup menjanjikan meskipun ada beberapa buah cabai yang mengalami busuk dan dimakan hama tikus. Hal itu, kata Ujang, dalam waktu dekat akan segera diantisipasi supaya pada panen berikutnya hasilnya memuaskan.

“Melihat kondisi tanaman cabai seperti sekarang dimungkinkan akan mampu memanen cabai merah minimal sebanyak 7 kalai panen lagi,” pungkasnya.

**

Related Articles

Back to top button