PenaPendidikan
Trending

Gladi Wirottama Angkatan Ke-53, Brigjen Pol Dirin Genjot Siswa Didik Jalan Darat ke Cinumpang Sukabumi

PenaKu.ID – Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Dirin secara resmi membuka kegiatan Gladi Wirottama SIP Angkatan Ke-53 Gelombang II TA 2024, acara tersebut berlangsung di Lapangan Soetadi Ronodipuro, Setukpa Jalan Bhayangkara Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2024).

“Ya, sesuai dengan jadwal hari ini kita melaksanakan kegiatan Gladi Wirottama yakni para siswa didik berjalan darat hingga ke Cinumpang Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi,” kata Brigjen Pol Dirin kepada awak media seusai Apel Upacara.

Lebih lanjut Jenderal Polisi Bintang Satu ini menyampaikan bahwa jarak tempuh Gladi Wirottama yang dilakukan para siswa sekitar 26 kilometer, seusai tiba di lokasi mereka akan bermalam satu hari dan keesokan harinya kembali pulang ke Setukpa.

“Kegiatan jalan darat ini bertujuan untuk salah satunya secara fisik kita akan menguji ketahanan fisik mereka, karena dalam kurun satu bulan ini para siswa didik menjalani basis. Kita genjot fisiknya, bikin siswa sehat dan secara mental akan menguji ketahanan mentalnya seperti apa saat dalam perjalanan permasalahan apa hingga menuju lokasi tujuan,” ungkapnya.

Jumlah Peserta Gladi Wirottama

Lebih lanjut Orang nomor satu di Setukpa ini menyampaikan, sebetulnya kalau dari sisi persiapannya sudah bagus sekali, lantaran setiap hari Sabtu semua siswa didik melaksanakan ekspedisi darat. Mereka dilatih untuk jalan darat dari 10 kilometer, 6 kilometer dan setiap harinya digenjot berlatih fisik, insya Allah sudah siap baik secara fisik maupun mentalnya.

“Menurut saya ini kegiatan jalan darat ini juga sebagai healing dapat menciptakan kekeluargaan begitu kental terhadap mereka nantinya bisa sharing, saling berbagi pengalaman karena para siswa di Setukpa berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan mereka kumpul di sini bisa saling cerita berbagi pengalaman bagaiman untuk pemecahannya, sehingga akan memperkaya pengetahuan para siswa guna mengahdapan permasalahan kedepannya,” bebermya.

Sedangkan untuk peserta kegiatan jalan darat ini, tambah Brigjen Pol Dirin, sebanyak 1.212 yang terdiri dari seluruh Indonesia termasuk dengan 98 Polisi Wanita (Polwan). Untuk Polwan sendri agak berbeda jalurnya karena pihaknya harus memperhatikan kekuatannya dan tantangannya berbeda.

“Semua siswa didik mengikuti kegiatan jalan darat ini, kami juga ikut pelajaran. Jadi, persentasenya akan dihitung. Meskipun ada yang sakit, habis operasi kista tetap ikut walaupun diberikan dispensasi yang akan dibantu dengan kendaraan beserta tim nakes. Ya, paling tidak siswa yang sakit bisa mengambil hikmahnya dari siswa lainnya betapa beratnya berjalan dan lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara kegiatan pembukaan Gladi Wirottama SIP Angkatan Ke-54, Pejabat Utama Setukpa Lemdiklat Polri beserta Jajarannya.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button