oleh

20 Ribu Rumah Tidak Layak Huni Di KBB Belum Ter Update

Panji winarno, kabid prasarana dan utilitas perumahan dinas perumahan dan pemukiman Kab. Bandung Barat

PenaKu.ID – Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Panji Winarno, Ungkapkan 20ribu Rumah di Bandung Barat Masuk Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

Panji Winarno, Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan, mengatakan, untuk tahun kemaren (2019) sekitar 20ribuan rumah yang masih tidak layak huni belum update tahun sekarang 2020.

“Tentunya ini juga butuh penanganan khusus, kita juga harus pertimbangkan juga kemampuan keuangan daerah,” ujar Panji di gedung B Pemkab Bandung Barat. Senin, (02/03/2020).

Lanjut Panji, untuk tahun kemaren nominal bantuannya sebesar 15 juta, cukup besar dibandingkan dengan tahun 2018 lalu masih 5 juta per-unit.

“Untuk tahun sekarang 2020 rencananya masih diangka 15 juta, 14 juta untuk matrial 1 juta untuk tenaga kerja, yang dikerjakan langsung oleh masyarakat.” Kata dia.

Dia juga mengatakan, sebenarnya angka tersebut bukan dari Pemda Bandung Barat, namun untuk Rutilahu ini anggaranya bansosnya ada di Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD).

“jadi bantuan keuangannya ini langsung dari DPKAD lalu ke Rekening Masyarakat, jadi tidak melalui Disperkim, Kita hanya pelaksanaan teknis saja.”jelasnya

Menurut Panji, kalo melihat histori dari tahun kemaren biasanya bantuan itu turun bulan oktober atau november.

“Berkaca ke tahun belakang yah, biasanya bantuan itu turun di bulan 10 atau 11,” pungkas dia.

( cp )

News Feed