PenaRagam

Usut Punya Usut, Ternyata Ini Faedah Daun Kersen

PenaKu.ID – Daun kersen memang tidak begitu familiar. Namun, jangan disangka ternyata daun yang satu ini memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan manusia.

Hampir semua bagian dari pohon kersen dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan manusia. Nah, apa saja manfaat daun kersen untuk kesehatan?

Tanaman kersen (Mutingia calabura L), atau dikenal juga sebagai tanaman seri atau cherry, merupakan pohon yang sering dijumpai di taman maupun pinggir jalan. Pohon ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai peneduh karena susunan daunnya yang rindang.

Dibanding bagian bunga dan buahnya, daun kersen terbukti memiliki kadar serat dan karbohidrat yang lebih tinggi. Selain itu, bagian daun juga mengandung air dan protein, meski dalam jumlah yang tidak terlalu signifikan.

Senyawa kimia lainnya yang terdapat pada daun kersen adalah tannin, triterpene, dan polifenol yang dapat berperan sebagai zat antioksidan.

Berdasarkan kandungan tersebut, manfaat daun kersen bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

Mengobati sakit kepala
Pereda batuk.
Zat antiperadangan.
Menstabilkan gula darah
Obati penderita diabetes.
Dalam sebuah percobaan, penderita diabetes yang menggunakan daun kersen sebagai obat alternatif memang menunjukkan hasil. Luka yang awalnya bernanah perlahan sembuh dan kering, serta kadar gula darah di dalam tubuhnya juga berangsur normal.

Menurunkan risiko penyakit lainnya

Mengonsumsi air rebusan daun kersen juga diyakini memiliki manfaat lain bagi tubuh, misalnya menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, bahkan mencegah tumor. Ketika digunakan sebagai obat luar, daun kersen juga dapat bertindak sebagai antiseptik dan antiperadangan bagi luka ringan.



Source: jakarta.siberindo

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button