Tak Ada ‘IPAL’, Cv. Prakarsa Utama Berhadapan Dengan Sektor 9 Citarum Harum

by
Dansektor 9 ( kanan ) Kol. Inf. Amir Mahmud

PenaKu.ID – CV. Prakarsa Utama, yang berlokasi di kawasan Industri Cimareme 3 Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, ternyata dengan sengaja dan sudah terbiasa membuang limbah bekas ngecat genteng dan mencuci bekas-bekas nya ke aliran sungai tanpa melalui proses pengolahan air limbah (IPAL) yang baik, bahkan perusahaan tersebut tidak memiliki tempat pengolahan limbahnya.

Satgas Citarum Harum Sektor 9 dibawah komandan Kol.Inf.Amir Mahmud langsung memerintahkan anggotanya untuk mengecor sumber-sumber saluran yang mencemari air sungai tersebut, Rabu (4/03/2020).

Komandan Sektor 9 Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf.Amir Mahmud menjelaskan, alasan pengecoran dengan melakukan penutupan terhadap sumber-sumber yang mencemari sungai, terpaksa dilakukan karena pihak perusahaan dengan sengaja membuang limbah nya ke aliran sungai apalagi sampai berwarna merah pekat begitu.

“Sudah saya sampaikan ke pihak perusahaan bahwa sumber-sumber yang mencemari sungai akan dicor.

Pengecoran pun dilaksanakan pada malam hari 4/03/2020 pukul 19.00 Wib sampai dengan pukul 20.00 Wib dibawah suasana hujan dibawah komando Serka Bambang dan anggota satgas Citarum Harum sektor 9 lainya.

Dalam upaya penutupan, apa yang dilakukan oleh satgas Citarum Harum kerap mengalami hambatan bahkan cekcok dengan pihak perusahaan. Namun hal tersebut tak sampai mengendurkan niat untuk melakukan pengecoran.

( gn )