SLBN Cinta Asih Soreang. Terapkan Standar Protokol Kesehatan dalam Penerimaan PPDB

Petugas PPDB SLBN Periksa suhu badan ke petugas Sekolah

PenaKu.ID – Tak kalah dengan sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK), sekolah luar biasa (SLB) di Jawa Barat (Jabar) pun telah siap melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020. Salah satunya, SLBN Cinta Asih Soreang.

Ketua Panitia PPDB SLBN Cinta Asih Soreang, Sarliaji Cayaraya menjelaskan, pihak sekolah langsung bergerak cepat ketika panduan pelaksanaan PPDB disosialisasikan pada Maret 2020. Meski baru pertama kali membuka pendaftaran PPDB berbasis daring, namun Sarliaji menyatakan proses tersebut berjalan lancar.

“Pendaftaran online kami jalankan dan kita juga tetap membuka pendaftaran secara luring, mengingat keterbatasan pendaftaran dan hal lainnya,” tuturnya, saat ditemui di lingkungan sekolah di Jalan Nyalindung No. 91 Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (10/6/2020).

Selama pendaftaran dibuka, menurut Sarliaji, tak sedikit orang tua yang masih membutuhkan panduan untuk mendaftar. Namun, hal tersebut tak menjadi masalah karena pihak sekolah sudah sigap dengan menyediakan layanan hotline. Melalui layanan tersebut pula, pihak sekolah mengatur masyarakat yang akan mendaftar secara luring agar tak membeludak.

“Kita lakukan pembatasan dengan cara menelepon orang tua yang telah terkonfirmasi akan mendaftar. Kita bagi, kurang dari 10 pendaftar setiap harinya daftar langsung ke sekolah. Kalau sudah penuh, dilayani keesokkan harinya,” ungkapnya,

Dia menambahkan, sampai saat ini sudah ada belasan siswa yang telah mendaftar, baik secara daring maupun luring.
Assessment untuk Menyesuaikan Pola Pembelajaran

Hal ini  sesuai alur PPDB SLB, seluruh siswa baru akan melalui fase assessment kekhususan. SLBN Cinta Asih Soreang,

Kata Sarliaji, sudah memiliki research center sendiri sehingga proses assessment bisa berjalan optimal dan tepat sasaran.ucaonya.

Dia menjelaskan, assessment tersebut untuk mengetahui kemampuan pra-akademis dan akademis anak.“ Ini jadi dasar guru untuk menentukan bagaimana program pembelajaran yang akan diterapkan kepada anak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SLBN Cinta Asih Soreang, Amin Juwardi menjelaskan, pembelajaran di satuan pendidikannya berbasis individu., via sekolah meyakini, kapasitas siswa, baik akademis maupun keterampilannya berbeda-beda. “Sedangkan kita adaptif dengan siswa. Karena, bagaimanapun karakter anak-anak berbeda,” ucapnya.

Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan PPDB 2020 di SLBN Cinta Asih pun telah sesuai dengan protokol kesehatan. Ketua Tim Satuan Tugas Covid-19 SLBN Cinta Asih, Endah Mutiarani mengutarakan setelah pembentukan tim,  dia langsung menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan di sekolahnya.

Di antaranya, mewajibkan masyarakat di lingkungan sekolah untuk menggunakan masker dan mengecek suhu badan. Selain itu, fasilitas hand sanitizer dan cuci tangan pun sudah dipasang di setiap sudut sekolah. “Penyemprotan disinfektan sudah dua kali dilakukan. Sterilisasi pun sudah dilakukan di sekolah maupun di lingkungan sekitar,” ujarnya.S

(AS contbr)

4 thoughts on “SLBN Cinta Asih Soreang. Terapkan Standar Protokol Kesehatan dalam Penerimaan PPDB

Leave a Reply

Your email address will not be published.