Sejumlah Pesronel POLRI Dibekali Pelatihan Dan Penanganan Pasien Gawat Darurat Jelang Ops Ketupat Lodaya 2019

Simulasi penanganan pasien gawat darurat. Foto ( nurul / polda )

Bandung, LabakiNews.id –

Dalam menghadapi Kesiapan Operasi Ketupat Lodaya 2019, Tim Urusan Kesehatan Bag Sumda Polres Bandung melaksanakan kegiatan pelatihan Penanganan Pasen Gawat Darurat (PPGD) bagi personel Satuan Lalu Lintas Polres Bandung, Sabtu 25/05.

Selain itu Kesiapan menghadapi Operasi Ketupat Lodaya 2019, Tim Urusan Kesehatan Bag Sumda Polres Bandung melaksanakan kegiatan pelatihan Penanganan Pasen Gawat Darurat (PPGD) bagi personel Satuan Lalu Lintas Polres Bandung.

Tujuan pelatihan PPGD tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada personel lalu lintas khusunya dalam rangka menghadapi operasi ketupat.

Pelatihan PPGD ini dilaksanakan di lapangan terbuka sehingga setiap personel yang mengikuti pelatihan dapat secara langsung memperhatikan dan menanyakan apa saja yang menjadi kendala apabila terjadi problem dilapangan, seperti kejadian laka lantas dan lain sebagainya.

Pelatihan PPGD ini diawali dari memeriksa kondisi lapangan, sebelum menolong korban dan memastikan situasi benar-benar aman bagi personel, korban dan masyarakat di sekitar lokasi kajadian laka lantas.

Ads

Pelatihan tersebut meliputi pemeriksaan kondisi korban, Resutitasi jantung paru-paru, Buka jalan nafas korban, pemberian nafas buatan, pembingkaian kaki dan tangan kepada korban yang mengalami patah tulang, membalut korban yang mengalami luka di bagian kepala serta keterampilan lainnya.

dr. Leny menyampaikan “Dengan demikian personel lantas dapat mengaplikasikan ilmu pelatihan PPGD dan keterampilannya di lapangan, sehingga dapat mengurangi angka kejadian kematian di jalan raya khususnya pada saat Ops Ketupat Lodaya 2019 umumnya saat bertugas rutin di lapangan” jelas Leni

(Nrl/tds)

Leave a Reply

Your email address will not be published.