PenaRagam
Trending

RS Hewan Provinsi Jabar Raih Penghargaan karena 3 Ini

PenaKu.IDRS Hewan Provinsi Jabar dinobatkan sebagai Unit Kerja Berkinerja Utama pada ajang Piala Adibaktitani 2021 yang digelar Kementerian Pertanian.

Ini adalah kali ketiga RS Hewan Provinsi Jabar mendapatkan penghargaan pada ajang dua tahunan ini. Pada dua penyelenggaraan sebelumnya yakni 2017 dan 2019, RSH milik provinsi di Cikole Lembang juga meraih Piala Adibaktitani.

“Alhamdulillah ini untuk ketiga kalinya kita raih, yang pertama tahun 2017, kemudian 2019 lalu tahun ini 2021,” kata Kepala UPTD RS Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar, drh Yoni Darmawan Sugiri, di Kota Bandung, Rabu (18/8/2021).

Kiat Sukses RS Hewan Provinsi Jabar

Menurut Yoni, keberhasilan RS hewan provinsi hattrick penghargaan Abdibaktitani karena selama ini dalam melakukan pelayanan menjalankan tiga langkah utama.

“Pertama kita selalu taat aturan, mulai dari perizinan, standar pelayanan dan lain-lain. Kedua kita selalu berupaya menciptakan tim yang solid dan yang ketiga tentu saja adalah terus meningkatkan pelayanan,” jelasnya.

Adapun bobot penilaian dalam anugerah Abdibaktitani Kementan itu menitikberatkan pada tiga unsur, yaitu penerapan 14 kompetensi pelayanan, inovasi pelayanan publik, dan pengakuan dari pengguna jasa layanan.

“Masing-masing ada persentase nilainya dan yang terbesar adalah pada penerapan 14 kompetensi pelayanan publik yaitu 40 persen,” jelas Yoni.

Selain RS Hewan Provinsi Jabar, dua instansi provinsi dan tiga kabupaten/kota juga meraih penghargaan Abdibaktitani 2021. Pertama, UPTD Balai Perlindungan Perkebunan Jabar penghargaan ‘Mempertahankan Piala’. Kedua, UPTD Balai Perlindungan Tanaman dan Holtikuktura Jawa Barat penghargaan ‘Piala’.

Ketiga, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, penghargaan ‘Plakat’. Keempat, Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, penghargaan ‘Plakat’. Kelima, UPTD Balai Pembibitan dan Pengembangan Produksi Ternak Kabupaten Majalengka, penghargaan ‘Plakat’.

Jabar merupakan provinsi pelopor rumah sakit hewan di Indonesia. Selain Jabar, baru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan yang memiliki rumah sakit hewan.

(Dws)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button