Puluhan Kg Sampah Di Dua Sungai Berhasil Diangkut Tim Patroli DLH Kab. Sukabumi

Kab. Sukabumi, LabakiNews.id –

Kondisi Sungai Cipalabuhan hari ini tidak seperti hari-hari yang lalu saat dilakukan patroli sungai, begitu banyak sampah di buang ke sungai, ujar salah seorang tim patroli sungai.

Berbeda dengan Sungai Cibeas, tidak terlalu banyak sampah, akan tetapi banyak gulma dan rumput liar yang tumbuh di pinggir sungai, pungkasnya.

Informasi tersebut merupakan sekelumit cerita saat tim patroli sungai melakukan gerakan bersih sungai pada 24/04/2019 yang lalu.

Saat ini yang jadi lokasi sasaran tim patroli sungai adalah Cipalabuhan dan Cibeas. Gerakan bersih sungai oleh tim patroli sungai di Cipalabuhan dilaksanakan diseputaran pasar hingga ke PPNP (Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu).

Lokasi ini adalah salah satu titik yang sangat perlu penanganan karena merupakan lokasi padat penduduk dan padat aktivitas terutama pasar.

Sedangkan untuk Sungai Cibeas mengambil lokasi di bawah jembatan Sungai Cibeas. Sampah yang dapat terkumpul dari kedua lokasi ini sebanyak 14 karung berukuran volume 50 kg, terdiri organik dan lebih banyak an organik.

Gerakan bersih sungai ini rutin dilakukan setiap bulan dengan mengambil lokasi Sungai di Kecamatan Palabuhanratu, antara lain Sungai Cipalabuhan, Cibeas, Cisukawayana, Citepus (Cidahon), Cipanyairan, dan Rawa Kalong.

Jumlah tim patroli sungai tahun 2019 bertambah 8 orang dari tahun 2018 yang hanya 10 orang.

Jumlah ini diharapkan setiap tahun dapat bertambah mengingat masih banyaknya lokasi sungai yang belum tersentuh kegiatan patroli sungai.

Tim Patroli Sungai merupakan salah satu wadah kerja masyarakat yang merupakan inisiasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam PPLH. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat sekitar sungai terpanggil untuk turut melaksanakan bersih sungai, menjaga kebersihan sungai dan menjadi kebiasaan untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Sungai bukanlah tempat sampah, mari berbuat mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang untuk tidak membuang sampah ke sungai. Untuk lingkungan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik.

(Indra/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.