PenaRagam
Trending

Menunggu Penyelesaian Sengkarut AJBB 1912

PenaKu.ID – Penyelesaian sengkarut di Asuransi Jiwa Bersama atau AJBB 1912 usai diumumkannya susunan panitia seleksi BPA di harian-harian nasional dalam 14 hari kerja (9-23 oktober) masih belum menunjukan progres lanjutan yang signifikan, bahkan terkesan jalan di tempat.

Para pemegang polis yang tergabung dalam wadah Perkumpulan Nasabah AJB Bumuputera 1912 mengharapkan ketegasan pihak Otorisasi Jasa Keuangan( OJK) sebagai institusi yang berwenang dan yang diamanat kan oleh Undang-Undang untuk segera menyelesaikan kemelut ini.

Saat dikonfirmasi, Direktur Riset Core Indonesia Piter Abdullah Redjalam mengatakan, OJK sebenarnya terus berupaya memfasilitasi penyelesaian permasalahan AJBB 1912 ini.

Piter menjelaskan OJK memang dalam posisinya tidak bisa terlalu dalam melakukan intervensi. Penyelesaian AJBB harus dilakukan sendiri oleh Manajemen AJBB dan para pemegang polis.

OJK, disebutkannya hanya melakukan fasilitasi dan pengawasan. Itulah yang sudah dan akan terus dilakukan oleh OJK. Termasuk dalam proses pemilihan anggota BPA yang baru.

“Dengan difasilitasi OJK, pertemuan pengelola AJBB dengan semua stakeholders bisa menyepakati panitia pemilihan anggota BPA yang baru,” ujar Piter belum lama ini.

Manajemen AJBB 1912 Dinilai Sepihak

Satu yang menjadi ganjalan dan keberatan para pemegang polis karena tidak sesuai kesepakatan yaitu manajemen AJBB menetapkan sepihak bahwa pemegang polis yang sudah jatuh tempo tidak memiliki hak suara.

OJK kembali turun tangan memfasilitasi pertemuan tersebut dan hasilnya disepakati kembali bahwa pemegang polis yang sudah jatuh tempo memiliki Hak suara. Sayangnya hingga saat ini belum Ada tindakan konkrit dari manajemen Bumi Putera untuk merealisasikan kesepakatan itu.

“Manajemen AJBB hendaknya memahami bahwa penyelesaian secara menyeluruh atas permasalahan AJBB hanya bisa dicapai apabila seluruh stakeholders AJBB dilibatkan termasuk memberikan hak suara kepada pemegang polis AJBB. “Ingat! Sesuai hakikat perusahaan mutual, pemegang polis adalah pemilik AJBB,” ungkap Piter Mengakhiri Pernyataannya.

***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button