PenaPeristiwa

Longsor di Cibubuay Tutup Jalan dan Isolasi Warga 1 Rt

PenaKu.ID – Longsor Cibubuay Tutup Jalan dan Isolasi Warga 1 Rt, Tebing setinggi 50 metr dan lebar 30 meter di Kampung Cibubuay RT 01/01, Desa Sukarama, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, Jumat (25/6/2021) sekitar pukul 07,00 Wib, longsor menutupi akses jalan sepanjang 25 meter tinggi 8 meter, hingga mampu mengisolasi warga Kampung Cibubuay Sebanyak 72 Kepala Keluarga(KK).

Bencana longsor di Cibubuay itu diduga akibat diguyur hujan pada satu hari sebelumnya, dan tidak ada korban jiwa, hanya seluruh warga terttutup akses dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat

Kepala Desa Sukarama Wahyu Komara (42) menjelaskan, tadi pagi pihaknya telah kedatangan warga yang melaporkan bahwa tebing yang berada di Kampung Cibubuay longsor menutup akses jalan lintas warga setempat.

Setelah itu, pihaknya yang dibarengi Binmas, Binsa dan aparat des lainnya langsung berangkat meninjau kelokasi longsor, ternyata benar adanya bahwa tebing setinggi 50 meter dan lebar 30 meter longsor menutup akses jalan sepanjang 25 meter dan ketebalan longsoran setinggi 8 meter.

“Dengan adanya itu, warga Kampung Cibubuay sebanyak 72 KK Satu ke RT-an terisolasi tidak bisa keluar Kampung lain, kecuali harus mengelilingi bukit dengan berjalan kaki,” ucapnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas didampingi Babinsa Desa Sukarama, Aiptu Sumarsis dan Setu Adi Wibowo menambahkan, memang benar adanya bahwa tadi padi telah terjadi longsor di Cibubuay yang menutupi akses jalan warga setempat sebanyak satu RT.

Untuk evakuasi, kata Bhabinsa, tanah dan batu longsoran itu tidak mungkin harus dilakukan dengan cara manual, melainkan harus dengan alat berat. Karena, material longsor cukup banyak dan juga lokasi medannya sulit dijangkau.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!