PenaEkonomi

Hasan Faozi, Tingkatkan Jumlah Koperasi Yang Off dan Bangkitkan Kembali

PenaKu.ID – Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Hasan Faozi berharap koperasi kembali bangkit di Kota Bandung. Kebangkitan itu akan mendorong bertambahnya jumlah koperasi yang aktif setiap tahun.

“Maka ditargetkan kembali berapa koperasi yang bisa aktif lagi di Kota Bandung. Sehingga yang sebelumnya mati suri, bisa bangkit kembali,” ungkapnya, pada Rapat Kerja bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUKM), di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Jumat (5/2/2021).

Seperti diketahui hingga tahun 2020, tercatat ada 2.456 koperasi berbadan hukum yang ada di Kota Bandung. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 735 koperasi yang aktif.

Oleh karena itu, DPRD Kota Bandung meminta dinas terkait untuk menginventarisir terkait kendala-kendala dalam pengembangan koperasi, termasuk penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung.

“Rencananya dalam setiap triwulan, kita akan menyampaikan kinerja mitra kita kepada pimpinan eksektif, termasuk kendalanya, agar bisa ada win-win solution atau solusi terkait masalah tersebut,” ujarnya.

Pembinaan

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung, Nenden Sukaesih meminta agar pembinaan kepada koperasi-koperasi di Kota Bandung harus lebih optimal. Dengan pola pembinaan yang lebih terstruktur, jumlah maupun kualitas koperasi dapat terus meningkat.

“Harus diupayakan semaksimal mungkin, agar koperasi-koperasi kita dari sebelumnya baik menjadi lebih bagus dan jumlahnya terus bertambah,” tutur Nenden.

Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung lainnya, Maya Himawati berharap upaya menggerakkan kembali roda perekonomian di Kota Bandung ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Terlebih lagi di tengah upaya bersama dalam menekan angka Covid-19 saat ini.

“Kita juga harus tetap memperhatikan sisi kesehatannya, jangan sampai roda perekonomian yang saat ini berjalan kembali tersendat, karena meningkatnya kasus Covid-19,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kota Bandung Atet Dedi Handiman menuturkan, pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan bagi koperasi-koperasi di Kota Bandung.

Untuk membantu memperluas penetrasi pasar, pihaknya juga memberikan pelatihan terkait digital marketing kepada PKL maupun UMKM yang sedang diberikan pembinaan.

“Kami upayakan agar PKL maupun UMKM yang kita bina juga tidak kalah dengan usaha-usaha kecil lainnya, apalagi dengan melihat dunia online yang kini tengah diminati oleh masyarakat,” katanya.

(DP/HMS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button