PenaEkonomi

Harga Sawit di Mukomuko Stabil di Kisaran Rp1.700

PenaKu.ID – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang dibeli produsen Crude Palm Oil (CPO) di kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu masih menunjukan angka yang bisa dibilang masih stabil, dengan menembus angka di kisaran harga Rp1.700.00,- per kilo gram. Sementara untuk harga tertinggi jatuh pada harga Rp1.870.00, dan harga terendah menunjukan angka Rp1.630.00,-. Demikian data yang dirilis Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko.

Angka-angka terebut turut menyumbang kabar baik dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mukomuko ke 18 yang jatuh pada bulan februari ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Junaidi melalui Kepala Seksi Perizinan, Kemitraan Budidaya Tanaman Perkebunan, Sudiyanto mengatakan harga sawit di daerahnya masing tinngi.

“Harga sawit didaerah kita ini masih tinggi diatas Rp1.700.00,-  sampai Rp1.800.00,- per Kg. Dan harga sawit ini bisa dinikmati petani jika petani menjual hasil panen buah sawitnya langsung ke pabrik. Dan jika menjual melalui toke [Makelar] sawit harganya dibawah dari harga pabrik,” ungkap Sudiyanto ketika dikonfirmasi kemarin.

Lanjutnya, harga sawit di Kabupaten Mukomuko ini menjadi salah satu penggerak maju dan mundurnya perekonomian masyarakat. Hal ini karena mayoritas penduduk di kabupaten Mukomuko berpenghasilan dari perkebunan kelapa sawit.

“Semoga harga sawit di daerah ini bisa naik lagi seperti beberapa minggu sebelumnya yang menyentuh angka Rp 1.900 per Kg. Karena kelapa sawit adalah salah satu tanaman andalan masyarakat di daerah ini. Dengan harga sawit tinggi perekonomian masyarakat semakin meningkat,” harapnya.

Berikut harga sawit di Kabupaten Mukomuko per tanggal 29 Januari 2021

PT SAPTA Rp 1680 / kg

PT KSM Rp 1730 / kg

PT MMIL Rp 1730 / kg

PT AMK Rp _ / kg

PT SSS Rp 1720 / kg

PT SAP Rp 1700 / kg

PT KAS Rp 1730 / kg

PT DDP Rp 1760 / kg

PT USM Rp 1820 / kg

PT BMK Rp 1870 / kg

PT GSS Rp 1840 / kg

Salah satu petani sawit dari Desa Rawa Mulya, Rahmad mengatakan bahwa harga sawit jelang HUT Kabupaten Mukomuko masih tinggi. Untuk harga sawit di tingkat petani mencapai Rp 1650 per Kg.

“Harga masih tinggi kendati saat ini sudah menjelang HUT Kabupaten Mukomuko. Dan semoga harga sawit ini bisa naik terus,” harapnya

**Redaksi/bengkulu.siberindo

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button