PenaKesehatan

Habis Divaksin Lansia di Cimahi Dibagi Ikan Segar

PenaKu.ID – Para lansia yang telah menjalani vaksinasi virus corona di Kota Cimahi mendapatkan ikan segar dan olahan dari Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Rabu (02/6/21).

Sebelumnya, sebanyak 250 lansia mengikuti vaksin yang difasilitasi Dinkes Kota Cimahi hari ini, di salah satu toko modern kawasan Cihanjuang Jalan Daeng Muhammad Ardiwinata dan di Puskesmas Cimahi Selatan.

Kepala BKIPM Bandung Dedi Arief Heryanto mengatakan, pembagian paket ikan segar bagi lansia dilakukan dalam rangka Gebyar Bulan Bhakti Karantina tahun 2021.

“BKIPM Bandung setiap tahunnya menyelenggarakan Gebyar Bulan Bhakti Karantina, di antaranya dengan berbagi kepada masyarakat sebagai bagian dari program BKIPM Peduli,” kata Dedi.

Dedi memandang perlu pembagian ikan segar ini, karena lansia rentan akan kondisi kesehatannya.

“Tujuannya adalah untuk memberikan asupan protein kepada masyarakat di masa Pandemi supaya imunitasnya tinggi. Apalagi warga lansia ini rentan terpapar penyakit, sehingga harus didukung dengan asupan makanan bergizi,” terang Dedi.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Supendi Heryadi mengatakan saatnya para lansia di Indonesia diperhatikan termasuk lansia di Kota Cimahi.

Ia menambahkan, sesuai data PBB tahun 2017, diperkirakan jumlah penduduk lansia di muka bumi pada tahun 2030 mencapai 16,4 persen dari jumlah penduduk dunia.

Sedangkan, jumlah penduduk Indonesia lansia tahun 2030 mencapai 12,9 persen.

“Dengan jumlah lansia yang semakin banyak, menjadi tantangan bagi kita agar dapat mandiri sehingga nantinya tidak menjadi beban namun justru bisa  menjadi asset sumber daya manusia yang berkualitas,” ucap Dedi.

*Reporter: Bg
*Penulis: Baja

Redaktur: Dewi Apriatin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button