Bendera Merah Putih 75 Meter Bakal Dikibarkan di Puncak Gunung Pani Gorontalo

Ilustrasi bendera merah putih (wartanews)

PenaKu.ID – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75 (HUT RI ke-75) di Kabupaten Puhowato Gorontalo sepertinya bakal menyedot perhatian. Pasalnya, pemerintah setempat merencanakan akan mengibarkan sang saka merah putih di atas puncak Gunung Pani setinggi 750 meter dengan panjang bendera sepanjang 75 meter.

Pemerintah Kabupaten Pohuwato, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bahari Gobel, mengatakan pengibaran tersebut sebagai peringatan dan simbol kemerdekaan bangsa Indonesia.

Bendera merah putih tersebut, kata Bahari, memiliki panjang 75 meter dan lebar 4 meter.

“Kami yang ditunjuk sebagai penanggungjawab oleh pak Bupati, maka hal tersebut saat ini sudah kami persiapkan. Mulai dari kelengkapan seperti bendera, pelaksana, hingga tekhnis di lapangan,” terang Kepala DLH Pohwuato, Bahari Gobel, Selasa (11/8/2020), seperti dikutip siberindo.

Ia menambahkan, selain itu, akan ada dua titik lainnya yang disiapkan untuk dijadikan lokasi upacara peringatan HUT ke-75 RI nanti.

“Ada tiga titik, satu di puncak untuk bendera yang 75 meter, satu titik lainnya ada pengibaran 20 bendera menggunakan tiang, dan satunya lagi pengibaran bendera berukuran 8 x 7 meter,” ungkapnya.

Bahari mengatakan, pihaknya dalam melaksanakan acara itu telah melibatkan pemdes yang ada di wilayahnya untuk berpartisipasi.

“Desa Hulawa, Desa Karya Indah, Desa Taluduyunu Utara, dan Desa Taluduyunu”.

“Total peserta baik dari pemerintah desa, kecamatan, hingga kabupaten, kita batasi hanya 50 orang, dengan mengikuti protokoler Covid-19 secara ketat. Selain itu, kita juga sudah siapkan tim medis,” beber Bahari.

Untuk diketahui, selain di Puncak Gunung Pani, pengibaran bendera merah putih juga akan dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Pohuwato, dan di dalam laut perairan Pulau Lahe.



Source: siberindo


Editor: Js

Leave a Reply

Your email address will not be published.